KORELASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG

Azzahra, Widya (2023) KORELASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
Cover skripsi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI WIDYA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB I widya .pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II widya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III widya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV widya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V widya .pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik antara lain mencakup kemampuan pemahaman tentang peserta didik secara mendalam dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik yang ditandai dengan kemampuannya menyelenggarakan proses pembelajaran yang bermutu, serta sikap dan tindakan yang dapat dijadikan teladan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru kelas V, untuk mengetahui minat belajar siswa kelas V, dan untuk mengetahui korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket dan dokumentasi. Maka hasil kompetensi pedagogik guru kelas V tergolong sangat baik, hal ini dapat dilihat dari persentase yang mendapat nilai 76,00 – 100 dengan kategori sangat baik sebanyak 22 orang (84,6%).dapat dibuktikan dari hasil persentase minat belajar siswa, skor sedang mencapai 46,2% lebih dominan dibandingkan frekuensi skor tinggi dan skor rendah. Jadi, dapat dikatakan minat belajar siswa kelas V A itu difrekuensi sedang. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas V diperoleh hasil perhitungan dengan nilai Signifikan (2-tailed) adalah 0,003 maka dapat disimpulkan bahwa 0,003 < 0,05, dengan demikian dapat dikatakan bahwa hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar siswa berkorelasi. Maka H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Hasil dari analisis rxy 0,554 > 0,388 jadi rhitung > rtabel. Artinya koefisien signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar siswa adalah sedang. Angka korelasi positif menunjukkan korelasi positif, yaitu semakin baik kompetensi pedagogik guru maka semakin baik pula minat belajar siswa. Itu artinya bahwa hasil analisis data kedua variabel tersebut berkorelasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Minat Belajar, Siswa Madrasah
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: WIDYA AZZAHRA 1930201101
Date Deposited: 25 May 2023 04:59
Last Modified: 25 May 2023 04:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27610

Actions (login required)

View Item View Item