UPAYA PENANGGULANGAN PENGEMIS SEBAGAI PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) DINAS SOSIAL KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Dian, Eka Lestari (2023) UPAYA PENANGGULANGAN PENGEMIS SEBAGAI PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) DINAS SOSIAL KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
cover dian.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK dian-WPS Office.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI DIAN EKA LESTARI FIX1_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA dian-WPS Office.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Skripsi Berjudul Upaya Penanggulangan Pengemis Sebagai Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Dinas Sosial Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui program dan upaya Dinas Sosial Kabupaten Kayuagung dalam menanggulangi penyandang masalah kesejahteraan sosial (pengemis) diwilayah kabupaten Ogan Komering Ilir serta untuk mengetahui Faktor-faktor yang mendorong munculnya pengemis di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dilakukan dengan cara mengumpulkan semua informasi, mereduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: pertama pengemis yang dimaksud adalah ketidakmampuan seseorang dalam mencukupi kebutuhan yang semakin lama akan semakin meningkat, sehingga memaksa seseorang melakukan hal apapun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan jika kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan itu harus mempertaruhkan harga diri, akan tetap dilakukan.adapun faktor internal terdiri dari Kemiskinan, umur, cacat fisik, rendah nya tingkat Pendidikan, sikap dan mental.Sedangkan faktor eksternal ialah masalah pengemis yang dilakukan oleh pemerintah. Salahsatunya dilakukan adalah razia, rehabilitasi dalam panti sosial, kemudian setelah itu dipulangkan ketempat asalnya.terdiri dari lingkungan, lemahnya penanganan pengemis, dan letak geografis. kedua Dinas Sosial Kayuagung dalam menjalankan peran menanggulangi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (pengemis) ada beberapa program, yaitu: program pembinaan penyuluhan keagamaan dan keterampilan menjahit, keterampilan perbengkelan untuk para pengemis di wilayah kabupaten Ogan Komering Ilir agar pengemis semakin berkurang, upaya untuk menangani masalah pengemis, Dinas Sosial Kabupaten Kayuagung melakukan upaya, yaitu pelayanan sosial dan rehabilitasi sosial dan ketiga faktor pendukung dan penghambat yang mendorong munculnya pengemis, yaitu terdiri dari sarana dan prasarana ,motivasi dan dukungan dari masyarakat. Kata Kunci: Penanggulangan Pengemis, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penanggulangan Pengemis, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dian eka lestari
Date Deposited: 25 May 2023 02:03
Last Modified: 25 May 2023 02:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27630

Actions (login required)

View Item View Item