PENGARUH PENERAPAN METODE YANBU’A TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI TPA NURUL YAQIN DESA KEMANG KECAMATAN LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM

Meisi, Putri (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE YANBU’A TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI TPA NURUL YAQIN DESA KEMANG KECAMATAN LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
1_HALAMAN JUDUL PUTRI.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text
2_BAB I PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
3_BAB II PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB III PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
5_BAB IV PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB V PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7_DAFTAR PUSTAKA PUTRI.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran tidak akan bisa terlepas dari yang namanya strategi atau metode, sama halnya juga dengan belajar Al-Qur’an, karna metode merupakan hal yang amat penting diperhatikan bagi pendidik agar dapat mencapai tujuan dari proses pembelajaran yang dilakukan. Dalam membaca Al-Qur’an tidak hanya sekedar membaca saja, akan tetapi harus memperhatikan bagaimana cara membaca dengan baik dan benar, karna bacaan Al-Qur’an dapat dikatakan berkualitas apabila membacanya sesuai dengan kaidah hukum ilmu tajwid beserta kejelasan dalam melafalkan setiap hurufnya. Pada penelitian ini peneliti menerapkan desain ekperimen model preexperimental design yaitu The One Group Pretest and Posttest Design. Dimana dalam penerapannya peneliti membandingkan dua data sebelum dan sesudah perlakuan. Pengukuran dilakukan dua kali, yaitu pertama Pretest digunakan agar mengetahui keterampilan membaca Al-Qur’an pada santri sebelum diterapkan metode yanbu’a. kedua Kedua Posttest digunakan agar mengetahui keterampilan membaca Al-Qur’an pada santri setelah diterapkan metode yanbu’a. Berdasarkan uji coba eksperimen diperoleh data menunjukkan terdapat perbedaan signifikan peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an setelah diterapkan metode yanbu’a dengan perbolehan hasil t_hitung = 5,011 lebih besar dari t_(tabel 5%) = 2,03 dan t_(t 1%) = 2,73. Ini artinya hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode, Yanbu’a, Keterampilan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: PUTRI MEISI 1930202221
Date Deposited: 25 May 2023 09:06
Last Modified: 25 May 2023 09:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27667

Actions (login required)

View Item View Item