PERAN GURU DALAM MENGATASI BURNOUT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU ISHLAHUL UMMAH PRABUMULIH SKRIPSI SARJANA

Meilini, Zeni (2023) PERAN GURU DALAM MENGATASI BURNOUT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU ISHLAHUL UMMAH PRABUMULIH SKRIPSI SARJANA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
A. COVER-ABSTRAK.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
B. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
C. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
D. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat fenomena yang terjadi di lapangan yaitu burnout belajar yang dialami siswa pada saat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengantuk, ribut, sering izin keluar masuk kelas serta malas mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami burnout belajar dan bagaimana peran guru dalam mengatasi burnout belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primernya yaitu 2 guru Pendidikan Agama Islam dan data sekundernya yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan Kurikulum, Wali Kelas, dan 25 siswa kelas VII. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi burnout belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Prabumulih yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa, mengajar dengan humor, menggunakan metode belajar yang bervariasi, dan memberikan nasehat. Faktor penyebab siswa mengalami burnout belajar di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Prabumulih terbagi menjadi 2, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu kelalahan fisik, kelelahan emosi, kelelahan mental, serta rendahnya penghargaan terhadap diri sendiri. Faktor eksternalnya yaitu suasana kelas yang membosankan dan guru terlalu lama menjelaskan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Burnout Belajar, Siswa
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zeni Meilini -
Date Deposited: 31 May 2023 03:33
Last Modified: 31 May 2023 03:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27781

Actions (login required)

View Item View Item