Analisis Dampak Penggunaan Reward terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di MI Al-Hikmah Talang Kelapa

Cahyati, Sri (2023) Analisis Dampak Penggunaan Reward terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di MI Al-Hikmah Talang Kelapa. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SRI.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SRI.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk penggunaan reward terhadap pembentukan karakter disiplin peserta didik serta untuk mengetahui dampak dari penggunaan reward terhadap pembentukan karakter disiplin peserta didik kelas I C di MI Al-Hikmah Talang Kelapa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini diperoleh dengan tiga cara, yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari wakil kepala madrasah, guru kelas I C dan beberapa peserta didik kelas I C MI Al-Hikmah Talang Kelapa. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan Model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan reward yang diberikan oleh guru kepada peserta didik berupa reward pujian verbal seperti : pintar, cerdas, hebat, masyaallah, bagus, tepat sekali, baik, bagus dan kata-kata atau kalimat positif yang dapat memotivasi peserta didik. Sedangkan untuk reward pujian berupa pertanda/isyarat dilakukaan dengan memberikan senyuman, anggukan kepala, memberi acungan jempol serta tepuk tangan. Selain reward berupa pujian verbal dan pujian berupa pertanda/isyarat guru juga memberikan reward tanda penghormatan berupa penobatan serta reward hadiah. Adapun dampak dari penggunaan reward terhadap pembentukan karakter peserta didik memiliki dampak yang positif terhadap karakter disiplin, diantaranya peserta didik taat terhadap tata tertib sekolah, peserta didik taat terhadap kegiatan belajar dan taat dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Reward, Pembentukan Karakter
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SRI CAHYATI 1920201064
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:28
Last Modified: 05 Jun 2023 04:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27808

Actions (login required)

View Item View Item