Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Tasa IX Teluk Kijing III Kabupaten Musi Banyuasin

Putri, Nabilah (2023) Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Tasa IX Teluk Kijing III Kabupaten Musi Banyuasin. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I Nabilah Putri.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Nabilah Putri.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik kelas V di SD Negeri Tasa IX Teluk Kijing III terdapat beberapa siswa yang memiliki minat dalam belajar rendah khususnya dalam pembelajaran dikelas, hal tersebut menunjukkan bahwa perlu adanya solusi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, terutama yang berhubungan dengan kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui di SD Negeri Tasa IX Teluk Kijing III Kabuapten Musi Banyuasin: (1) bagaimana kompetensi pedagogik guru kelas V, (2) bagaimana minat belajar peserta didik kelas V, (3) adakah hubungan kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulanan data menggunakan observasi, dukomentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji R. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) kompetensi pedagogik guru di kelas V pada angket diperoleh persentase pada kategori kuat/tinggi (52,38%) dari 21 peserta didik. (2) Minat belajar peserta didik di kelas V pada angket diperoleh persentase pada kategori kuat/tinggi (38,09%) dari 21 peserta didik. (3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji r dengan rumus product moment menunjukan bahwa rhitung = 0,999 lebih besar rtabel = 0,495 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar peserta didik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hubungan kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar peserta didik menunjukan adanya hubungan yang sangat kuat terhadap minat belajar peserta didik kelas V di SD Negeri Tasa IX Teluk Kijing III Kabupaten Musi Banyuasin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Minat Belajar, Peserta Didik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NABILAH PUTRI 1930201082
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:12
Last Modified: 05 Jun 2023 03:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27847

Actions (login required)

View Item View Item