Manajemen Pelayanan Terhadap Kenyamanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Jakabaring Palembang Dalam Perspektif Islam

Noviani, Emi (2022) Manajemen Pelayanan Terhadap Kenyamanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Jakabaring Palembang Dalam Perspektif Islam. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Manajemen Pelayanan Terhadap Kenyamanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Jakabaring Palembang Dalam Perspektif Islam” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan terhadap kenyamanan masyarakat di Kantor Kecamatan Jakabaring Palembang dalam perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam proses penelitian difokuskan kepada Kasi dan Pegawai/Staff pelayanan umum Kantor Kecamatan Jakabaring Palembang dan beberapa masyarakat yang tinggal disekitar wilayah tersebut, yang merujuk dari teori kualitas pelayanan publik Zeithaml, Berry, dan Parasuraman, yang terdiri dari Tangible (Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai sudah menerapkan pelayanan yang baik terhadap masyarakat dan menerapkan nilai-nilai serta prinsip-prinsip Islam dalam memberikan suatu pelayanan. Agar pendekatan antara pegawai dengan masyarakat lebih akrab dan masyarakat mendapatkan kenyamanan ketika ingin melakukan keperluan atau meminta pertolongan. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat antara lain ialah tidak semuanya pegawai cepat tanggap atau ramah dalam melayani masyarakat dikarena jaringannya yang sedang error dan mungkin pegawai tersebut dalam kondisi yang tidak baik dalam memberikan pelayanan sehingga berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan pada masyarakat. Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan di kantor Kecamatan Jakabaring Palembang antara lain ialah jaringan internet dan sarana prasarana masih minim. Sedangkan faktor pendukungnya adalah sumber daya manusia (SDM) yang memadai dengan keahliannya serta adanya fasilitas berupa alat bantu untuk memudahkan pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Pelayanan, Kenyamanan
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: EMI NOVIANI 1730504074
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:45
Last Modified: 12 Jun 2023 03:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28035

Actions (login required)

View Item View Item