IDENTIFIKASI JENIS TUMBUHAN FAMILI ASTERACEAE DAN POACEAE DI KEBUN RAYA SRIWIJAYA KABUPATEN OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN DAN SUMBANGSINYA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA

Ifah, Umi Inayah (2023) IDENTIFIKASI JENIS TUMBUHAN FAMILI ASTERACEAE DAN POACEAE DI KEBUN RAYA SRIWIJAYA KABUPATEN OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN DAN SUMBANGSINYA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tumbuhan di kebun raya sriwijaya memiliki beranekaragam jenis famili tumbuhan dan belum teridentifikasi secara luas. Penelitian tentang bukti pembeda jenis tumbuhan famili Asteraceae dan Poaceae di Rumah Kaca Sriwijaya dan materi komitmen keanekaragaman hayati di kelas X SMA/Ma, telah selesai dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui spesies dan karakteristik morfologi tumbuhan dari famili Asteraceae, Poaceae, dan validitas media dalam materi keanekaragaman hayati pada kelas X SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode jelajah dengan jenis penelitian Kualitatif. Tujuh spesies berbeda diidentifikasi dalam penelitian ini, menunjukkan keanekaragaman spesies tumbuhan yang ditemukan di Kebun Raya Sriwijaya. tumbuhan yang berbeda yang tergolong dalam 2 famili. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kebun raya Sriwijaya, tepatnya di desa Bakung, kecamatan Indralaya, kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan ditemukan beranekaragam jenis tumbuhan, didapatkan 7 spesies yang merupakan anggota dari 2 famili, yang mana 2 famili tersebut adalah famili Astercaeae dan famili Poaceae. Famili yang paling mendominasi adalah famili Poaceae, dimana ditemukan 4 spesies yang diduga berasal dari famili Poaceae tersebut yaitu Bambusa vulgaris schrad. Ex J.C, Bambusa vulgaris var. striata, Pseudosasa japonica, dan Cymbopogon nardus. Adapaun 3 spesies dari famili Asteraceae terdiri dari Ageratum conyzoides L., Sphagneticola trilobata (L.) Purski, Centratherum punctatum Cass. Karakteristik morfologi tumbuhan yang terlihat pada setiap spesies nya berbeda, dari akar batang dan daun. Pemanfaatan hasil penelitian dijadikan dalam bentuk Booklet yang telah dilakukan tahap validasi oleh ahli dan didapatkan dengan rata – rata katagori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Identifikasi, Tumbuhan, Spesies, Famili, Booklet
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UMI INAYAH IFAH 1830207141
Date Deposited: 09 Jun 2023 09:11
Last Modified: 09 Jun 2023 09:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28195

Actions (login required)

View Item View Item