Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas II MI Ma'had Islamy Palembang

Zulifah, Aminatul (2023) Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas II MI Ma'had Islamy Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas II MI Ma’had Islamy Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar Bahasa Arab, upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab , dan kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab pada peserta didik kelas II MI Ma’had Islamy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu 1 guru mata pelajaran Bahasa Arab kelas II, wali kelas II, Kepala Madrasah, dan 5 peserta didik kelas II MI Ma’had Islamy Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman : Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, teknik, dan waktu serta menggunakan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Kesulitan belajar Bahasa Arab yang dialami oleh peserta didik kelas II MI Ma’had Islamy Palembang yaitu : a) Kesulitan dalam pelafalan mufrodat, b) Kesulitan dalam menulis mufrodat. 2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab yaitu : a) Guru menggunakan strategi pembelajaran langsung untuk mengatasi kesulitan dalam melafalkan mufrodat pada peserta didik. b) Guru menggunakan strategi tidak langsung untuk mengatasi kesulitan dalam menulis mufrodat pada peserta didik. 3) Terdapat kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik, yaitu : terdapat peserta didik saat belajar sambil bermain, berlari-lari, dan mengobrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru, dan Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Filsafat dan teori pendidikan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Psikologi pendidikan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AMINATUL ZULIFAH 1930201243
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:49
Last Modified: 13 Jun 2023 01:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28261

Actions (login required)

View Item View Item