Zulifah, Aminatul (2023) Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas II MI Ma'had Islamy Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas II MI Ma’had Islamy Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar Bahasa Arab, upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab , dan kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab pada peserta didik kelas II MI Ma’had Islamy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu 1 guru mata pelajaran Bahasa Arab kelas II, wali kelas II, Kepala Madrasah, dan 5 peserta didik kelas II MI Ma’had Islamy Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman : Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, teknik, dan waktu serta menggunakan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Kesulitan belajar Bahasa Arab yang dialami oleh peserta didik kelas II MI Ma’had Islamy Palembang yaitu : a) Kesulitan dalam pelafalan mufrodat, b) Kesulitan dalam menulis mufrodat. 2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab yaitu : a) Guru menggunakan strategi pembelajaran langsung untuk mengatasi kesulitan dalam melafalkan mufrodat pada peserta didik. b) Guru menggunakan strategi tidak langsung untuk mengatasi kesulitan dalam menulis mufrodat pada peserta didik. 3) Terdapat kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik, yaitu : terdapat peserta didik saat belajar sambil bermain, berlari-lari, dan mengobrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru, dan Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Filsafat dan teori pendidikan 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Psikologi pendidikan 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | AMINATUL ZULIFAH 1930201243 |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 01:49 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 01:49 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28261 |
Actions (login required)
View Item |