Perencanaan Pemasaran Jasa Pendidikan di SMA Negeri 12 Palembang

aprilia, dita (2023) Perencanaan Pemasaran Jasa Pendidikan di SMA Negeri 12 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
dita bab 1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dita bab 5.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perencanaan Pemasaran Jasa Pendidikan di SMA Negeri 12 Palembang” Latar belakang dari penelitian ini mengenai permasalahan yaitu sekolah belum memiliki anggaran yang cukup untuk kebutuhan pelaksanaan program-program pemasaran. Serta biaya yang dianggarkan sekolah sangat minim sehingga cukup sulit bagi pihak yang akan menjalankan program pemasaran untuk dapat mengimplementasikannya dengan baik. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan proses dalam perencanaan pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh SMA Negeri 12 Palembang Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan suatu permasalahan mengenai perencanaan pemasaran jasa pendidikan di SMA Negeri 12 Palembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yang bertujuan untuk menguji kredibilitas data dengan cara membandingkan data-data yang telah dikumpulkan untuk dideskripsikan, dikategorisasikan, mana pandangan yang sama dan berbeda dari sumber data dalam melakukan penelitian perencanaan pemasaran jasa pendidikan di SMA Negeri 12 Palembang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pemasaran jasa pendidikan di SMA Negeri 12 Palembang dilakukan dengan menetapkan tujuan perencanaan pemasaran jasa pendidikan sudah cukup karena sekolah masih memiliki beberapa kendala dalam pelaksanaan promosinya yang tidak ada pegawai khusus dalam pemasaran agar lebih terfokus, kemudian sekolah melakukan perbaikan peningkatan kualitas jasa sekolah, produk-produk, jasa sekolah, memasang banner, menyebarkan browsur yang berisikan informasi mengenai jasa-jasa dan keunggulan sekolah. Merumuskan rencana pemasaran jasa pendidikan yang telah berjalan dengan baik dengan selalu mengadakan rapat bersama yang membahas mengenai perencanaan pemasaran jasa pendidikan. Mengidentifikasi faktor pendukung yaitu meliputi kemudahan mengakses lokasi, tempat parkir yang luas, serta ketersediaan lahan untuk kemungkinan perluasan usaha, dan faktor penghambat, yaitu meliputi tidak memiliki TIM khusus promosi, sekolah belum memiliki konsep yang sistematis dalam hal pemasaran jasa pendidikan, dan tidak ada data evaluasi sebagai bahan perbaikan. Mengembangkan perencanaan pemasaran jasa pendidikan sudah baik dengan merumuskan rencana aktivitas kerja, sekolah ini juga meningkatkan kualitas produk sekolah untuk mendukung pengembangan rencana pemasaran jasa pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pemasaran Jasa Pendidikan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: DITA APRILIA 1830203095
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:41
Last Modified: 12 Jun 2023 08:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28270

Actions (login required)

View Item View Item