PENGEMBANGAN MATERI MAHARAH QIRA’AH BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA PADLET DI MTs Al-HIKMAH PALEMBANG

Yuliani, Maya (2023) PENGEMBANGAN MATERI MAHARAH QIRA’AH BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA PADLET DI MTs Al-HIKMAH PALEMBANG. PENGEMBANGAN MATERI MAHARAH QIRA’AH BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA PADLET DI MTs Al-HIKMAH PALEMBANG. pp. 1-143. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh materi maharah qira’ah yang ada dalam pembelajaran saat ini masih terbilang sulit dipahami oleh peserta didik. Selain itu juga peserta didik merasa bosan dan kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini pengembangan peneliti menggunakan pendekatan saintifik. Dengan tujuan pembelajaran ini agar peserta didik dapat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengam menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan Borg and Gall dengan menggunakan enam langkah pengembangan; potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, dan uji coba produk. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Berdasrkan hasil penelitian yang diperoleh dari angket kebutuhan siswa dengan menunjukkan hasil rata-rata presentase rata 66,54%. Dari hasil validasi ahli materi dan ahli media, memenuhi kriteria valid dengan hasil ahli uji materi mencapai tingkat kevalidan 96,25% dan hasil dari ahli media dengan tingkat kevalidan 94,25%. Untuk hasil angket kepuasan siswa dengan menunjukkan hasil rata-rata 80% Berdasarkan hasil signifikan uji normalitas 0,122 < 0,005 menunjukkan data tidak berdistribusi normal dan hasil signifikan uji homogenitas 0,036< 0,005 bahwa data hasil pre-test dan post-test dinayatakan tidak homogen. Untuk hasil uji T-Paired nilai Sig.(٢-tailed) sebesar 0,000<0,005 artinya dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka terdapat efektivitas yang signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media padlet pada siswa kelas VII MTs Al Hikmah Palembang. Kata Kunci : Materi Maharah Qira’ah, Pendekatan Saintifik, Media Padleti

Item Type: Article
Depositing User: Maya Yuliani -
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:27
Last Modified: 19 Jun 2023 02:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28314

Actions (login required)

View Item View Item