Implementasi Nilai-Nilai Luhur Pancasila Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab Pada Pembelajaran Tematik Melalui Hasil Belajar Dalam Bentuk Menyimak Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma'had Islamy Palembang

Handayani, Fitri (2023) Implementasi Nilai-Nilai Luhur Pancasila Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab Pada Pembelajaran Tematik Melalui Hasil Belajar Dalam Bentuk Menyimak Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma'had Islamy Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Fitri Bab 1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Nilai luhur pancasila adalah kualitas penghargaan terhadap sesuatu yang menyenangkan, menguntungkan yang mampu membentuk pribadi, etika, moral sehingga dalam perbuatannya mencerminkan sifat budi luhur sesuai dengan pancasila. Hasil belajar adalah terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk pengetahuan. Diadakan penelitian bertujuan untuk menggambarkan kondisi di lapangan tentang proses pembelajaran nilai-nilai luhur Pancasila sila kemanusiaan yang adil dan beradab pada pembelajaran tematik serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dan upaya guru mengatasi hambatan pembelajaran pada kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas V dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai luhur Pancasila sila kemanusiaan yang adil dan beradab pada pembelajaran tematik melalui hasil belajar dalam bentuk menyimak kelas V di MI. Ma’had Islamy Palembang sudah cukup baik dilihat dari selama proses pembelajaran dengan adanya 5 bentuk pendekatan dalam pembelajaran seperti pendekatan historis, pendekatan historis,filosofis, kultural,sosiologis, psikologis. Faktor pendukung seperti sarana dan prasarana,tenaga pendidik. Faktor penghambatnya lingkungan, karakter siswa. Upaya guru mengatasi faktor penghambat sabar dsn konsisten, metode pembelajaran yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Nilai Luhur Pancasila, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FITRI HANDAYANI 1730201180
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:24
Last Modified: 19 Jun 2023 02:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28427

Actions (login required)

View Item View Item