ANALISIS PRAKTIK JUAL BELI DALAM PENGEMBALIAN SISA HARGA DENGAN BARANG DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PASAR BARU TALANG JAMBE KECAMATAN SUKARAMI PALEMBANG)

Yunani, Sari (2023) ANALISIS PRAKTIK JUAL BELI DALAM PENGEMBALIAN SISA HARGA DENGAN BARANG DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PASAR BARU TALANG JAMBE KECAMATAN SUKARAMI PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Analisis Praktik Jual Beli dalam Pengembalian Sisa Harga dengan Barang Ditinjau dari Etika Bisnis Islam di Pasar Baru Talang Jambe Kecamatan Sukarami Palembang dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya pengembalian sisa harga dengan barang serta bagaimana sistematika pengembalian sisa harga dengan barang yang terjadi di pasar talang jambe. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Mixed Method, yaitu penggabungan antara metode Kualitatif dan Kuantitatif dalam satu penelitian. Mixed Method (Metode gabungan: Kualitatif-Kuantitatif) adalah metode dengan menggunakan gabungan pada prosedur penelitian, dimana salah satu metode lebih dominan terhadap metode lain. Metode yang kurang dominan hanya diposisikan sebagai metode pelengkap untuk data tambahan. Adapun metode yang dominan pada penelitian ini ialah metode kualitatif sedangkan metode pelengkapnya ialah metode kuantitatif. Data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Analisis data menggunakan skala interval dengan rata-rata (Mean) dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan etika bisnis Islam boleh saja/Netral dilakukan asal tidak ada pihak yang merasa dirugikan dalam transaksi jual beli tersebut, karena dilakukan pihak penjual terlebih dahulu menanyakan kepada pembeli, faktor yang melatar belakangi terjadinya transaksi jual beli dalam pengembalian sisa harga dengan barang yaitu dikarenakan ketersediaan uang receh pada penjual, keinginan pembeli sendiri yang ingin diberi barang sebagai kembalian dari sisa harga pada barang yang telah dibeli, agar lebih menghemat waktu transaksi, yaitu apabila sedang tidak ada uang receh lantas terlebih dahulu penjual ingin menukarkan di tempat lain maka itu akan menyita lumayan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bisnis, Etika Bisnis Islam, Pengembalian Sisa Harga
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Filsafat dan Teori Ekonomi
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: SARI YUNANI 1930602216
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:04
Last Modified: 19 Jun 2023 01:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28432

Actions (login required)

View Item View Item