PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS MAJALAH ELEKTRONIK MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA BANGSA INDONESIA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Anggraini, Kurnia (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS MAJALAH ELEKTRONIK MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA BANGSA INDONESIA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I SKRIPSI KURNIAA.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI KURNIA.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI KURNIA.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI KURNIA.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI KURNIA.docx

Download (25kB)

Abstract

Dalam melaksakanan pembelajaran IPS guru terkadang dihadapkan dengan peserta didik yang kesulitan mengerti dalam mengerjakan soal berbasis majalah elektronik, dan diperlukan media pembelajaran yang dapat menunjang buku pembelajaran yang ada. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan menghasilkan produk berupa Bahan Ajar berbasis Majalah Elektronik yang memiliki kriteria valid dan praktis sehinggga bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan desain penelitian yang dikembangkan oleh tessmer menggunakan alur formative evaluation. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV A SD Negeri 3 Rambutan. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis data validitas dan analisis data kepraktisan. Hasil penelitian ini yaitu pertama, proses penelitian dalam pengembangan yaitu pembuatan produk, validasi produk, revisi, dan uji coba lapangan. Kedua, penelitian ini menghasilkan Bahan Ajar berbasis Majalah Elektronik pada materi Keanekaragaman Budaya Bangsa Indonesia yang valid dilihat dari angket kevalidan ahli desain diperoleh rata-rata skor 95%, validasi ahli bahasa diperoleh rata-rata skor 97%, dan validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor 93%. Ketiga,penelitian ini menghasilkan Bahan Ajar berbasis Majalah Elektronik pada materi Keanekaragaman Budaya Bangsa Indonesia yang praktis dilihat dari hasil angket responden peserta didik dengan rata-rata skor 90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bahan Ajar, Majalah Elektronik, Keanekaragaman Budaya Bangsa Indonesia
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: KURNIA ANGGRAINI 1930201236
Date Deposited: 23 Jun 2023 00:47
Last Modified: 23 Jun 2023 00:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28555

Actions (login required)

View Item View Item