PENGARUH FACEBOOK DAN TWITTER TERHADAP PARTISIPASI POLITIK GENERASI MUSLIM MILENIAL PADA PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019 DI PALEMBANG (Studi kasus mahasiswa fakultas adab dan humaniora UIN Raden fatah palembang tahun 2017-2018)

wati, mia (2022) PENGARUH FACEBOOK DAN TWITTER TERHADAP PARTISIPASI POLITIK GENERASI MUSLIM MILENIAL PADA PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019 DI PALEMBANG (Studi kasus mahasiswa fakultas adab dan humaniora UIN Raden fatah palembang tahun 2017-2018). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
BAB I MIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II MIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III MIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV MIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V MIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Abstract This study aims to determine the effect of social media Facebook and Twitter on the political participation of the millennial Muslim generation. The population used in this study were students of the adab and humanities faculty of UIN Raden Fatah Palembang. The sampling technique used is purposive sampling, which is taking samples with certain considerations with a total sample of 81 respondents. The type of data used is primary data and the data analysis techniques used in this research are classical assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing. The results of this study indicate that the influence of social media on political participation does not have a positive and significant effect on the political participation of the millennial Muslim generation. And partially Twitter influences the political participation of the millennial Muslim generation. The value of the coefficient of determination R Square shows a value of 0.233 or 23.3% . This value shows the influence of social media on Facebook and Twitter can be explained by the variables social media, Facebook, and Twitter by 23.3% . While the remaining 76.6% is influenced by other variables that are not explained in this study. If the value of R square has a value > 0.4 to 1, then it means that it has a strong influence. Keywords : Social Media, Politics, Millenials, UIN Raden Fatah ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Facebook dan Twitter terhadap partisipasi politik generasi muslim milenial.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas adab dan humaniora UIN Raden Fatah Palembang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling adalah pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan total sampel 81 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh media sosial terhadap partisipasi politik tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi politik generasi muslim milenial. Dan secara parsial Twitter memiliki pengaruh terhadap partisipasi politik generasi muslim milenial. Nilai koefisien determinasi R Square menunjukkan nilai sebesar 0,233 atau 23,3%. Nilai tersebut menunjukkan pengaruh media sosial Facebook dan Twitter dapat dijelaskan oleh variabel media sosial, Facebook dan Twitter sebesar 23,3%. Sedangkan sisanya sebesar 76,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di jelaskan dalam penelitian ini. Jika nilai R square memiliki nilai > 0,4 s/d 1, maka artinya memiliki pengaruh yang kuat. Keywords : Media sosial, Politik, milenial,UIN Raden Fatah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Social media, politics, millenials, UIN Raden fatah
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Adab dan Humaniora > Politik Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: MIAWATI 1810404011
Date Deposited: 23 Jun 2023 09:17
Last Modified: 23 Jun 2023 09:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28578

Actions (login required)

View Item View Item