PROBLEMATIKA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP ANAK TINGKAT SD DALAM PENDIDIKAN KELUARGA DI RT 07 DESA UJUNG TANJUNG KECAMATAN BANYUASIN III

Laila, Zulfa (2023) PROBLEMATIKA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP ANAK TINGKAT SD DALAM PENDIDIKAN KELUARGA DI RT 07 DESA UJUNG TANJUNG KECAMATAN BANYUASIN III. PROBLEMATIKA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP ANAK TINGKAT SD DALAM PENDIDIKAN KELUARGA DI RT 07 DESA UJUNG TANJUNG KECAMATAN BANYUASIN III.

[img] Text
BAB I. Zulfa Laila.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB V. Zulfa Laila.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian orang tua terhadap anak. Ada 3 rumusan masalah dalam penelitian ini (1) untuk mengetahui bagaimana pendidikan ibadah anak dalam keluarga di rumah di Rt 07 Desa Ujung Tanjung. (2) untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mendidik anak belajar di rumah di Rt 07 Desa Ujung Tanjung. (3) bagaimana perilaku sosial anak di Rt 07 Desa Ujung Tanjung. Jenis penelitian ini di fokuskan pada penelitian kualitatif, yaitu data yang di dapatkan berupa kata-kata dalam bentuk verbal bukan berbentuk angka. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah orang tua anak di Rt 07 Desa Ujung Tanjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan ibadah anak di Desa Ujung Tanjung masih belum optimal, karena kebanyakan orang tua lebih sering menyuruh dan mengingatkan saja tanpa mengajak langsung untuk melaksanakan shalat secara berjamaah di rumah. Kedua peran orang tua dalam mendidik anak belajar di rumah di Rt 07 Desa Ujung Tanjung ada 4 yaitu membimbing, mendidik, memberikan motivator, dan fasilitator. Namun adanya kesibukan orang tua yang bekerja sehingga tidak bisa membagi waktu antara pekerjaan dengan anak. Ketiga perilaku sosial anak di Desa Ujung Tanjung meliputi keluarga, teman, dan masyarakat. Anak yang masih sering membantah perkataan orang tua, serta adanya perbedaan pendapat sesama teman.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ZULFA LAILA 1930201136
Date Deposited: 02 Jul 2023 10:47
Last Modified: 02 Jul 2023 10:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28640

Actions (login required)

View Item View Item