Surat Kekuasaan Daerah Dalam Naskah Kaghas No. Inventaris 07.45. Koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan (Kajian Filologi)

Arjuni, M. Rizky (2022) Surat Kekuasaan Daerah Dalam Naskah Kaghas No. Inventaris 07.45. Koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan (Kajian Filologi). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. RIZKY ARJUNI ( Cover, Abstrak, Daftar Pustaka).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI M. RIZKY ARJUNI BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI M. RIZKY ARJUNI BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI M. RIZKY ARJUNI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI M. RIZKY ARJUNI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Surat Kekuasaan Daerah dalam Naskah Kaghas No. Inventaris 07.45 Koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan”, merupakan salah satu naskah beraksara ulu variasi lampung di koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan. Naskah Ulu merupakan tradisi tulis masyarakat di daerah uluan. Rumusan masalah dalam skripsi ini antara lain : (1) Bagaimana kajian filologis atas naskah kaghas No. Inventaris 07.45 koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan? (2) Bagaimana isi teks naskah No. Inventaris 07.45 koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui isi dari teks pada naskah kaghas No. Inventaris 07.45. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara observasi langsung data primer yaitu naskah kaghas No. Inventaris 07.45, wawancara, dan dokumentasi terhadap penemuan penemuan data pada koleksi museum. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dan dalam menganalisis naskah, peneliti menggunakan metode filologi yaitu inventaris naskah, deskripsi naskah, penyalinan naskah, suntingan teks, dan analisis teks naskah. Naskah kaghas No. Inventaris 07.45. ini tersimpan di storage pada Museum Negeri Sumatera Selatan. Naskah ini berisi tentang surat ahli waris kepada anak laki laki tertua yang diberikan kekuasaan atas daerah bernama kampung lambau panaragan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Naskah kaghas, Aksara Ulu
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x9 Sejarah, Islam dan Modernisasi
Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 80230 - Sejarah Peradaban Islam (S1)
Depositing User: M. RIZKY ARJUNI 1730402048
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:36
Last Modified: 07 Jul 2023 03:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28764

Actions (login required)

View Item View Item