Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP Materi Bentuk Aljabar Kelas VII

Junia, Junia (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP Materi Bentuk Aljabar Kelas VII. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis salah satu bagian penting dalam tujuan pembelajaran, materi yang diberikan bukan semata-mata untuk dihapalkan, tetapi peserta didik harus memahami agar dapat mengerti konsep materi yang dipelajari. Permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik terjadi karena kurangnya pemahaman konsep matematis. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik memahami konsep ialah model project based learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan seberapa besar respon minat belajar peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran PjBL pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 36 OKU. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. Sampel yang digunakan hanya 1 kelas dengan tehnik sampling jenuh yang mana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model PjBL berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan respon minat belajar peserta didik termasuk pada kategori baik sebesar 51,52%, kategori baik sekali sebesar 33,33% dan kategori cukup sebesar 15,15%. Hal ini, menunjukkan bahwa respon minat belajar dengan menerapkan model PjBL sebagian besar pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Pemahaman Konsep, Bentuk Aljabar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:30
Last Modified: 17 Jul 2023 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28903

Actions (login required)

View Item View Item