PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS GENDER PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII SMP/MTs

Astuti, Duwi Neli (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS GENDER PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII SMP/MTs. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Slideshow
BAB 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan produk pembelajaran berupa e-modul interaktif menggunakan augmented reality berbasis gender pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII SMP/MTs. Produk yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation), akan tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan (development). Sampel penelitian ini didapatkan melalui teknik random sampling yaitu 3 peserta didik pada uji coba perorangan (one to one) dan 10 peserta didik pada uji coba kelompok kecil (small group). Uji kelayakan e-modul interaktif menggunakan angket validasi ahli , materi, bahasa, gender serta angket respon pendidik dan peserta didik. Hasil validasi e-modul interaktif yang dilakukan oleh ahli 95%, ahli materi 92,30%, ahli bahasa 97,5% ahli gender 100% dengan kategori sangat valid. Hasil rekapitulasi nilai rata-rata dari angket respon pendidik dan peserta didik yaitu 94,17% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, e-modul interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Interaktif, Augmented reality, Gender.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: DUWI NELI ASTUTI 1910207017
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:31
Last Modified: 17 Jul 2023 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28932

Actions (login required)

View Item View Item