PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN QRIS PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Mutiara, Mutiara (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN QRIS PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
COVER.docx

Download (355kB)
[img] Text
BAB 1.docx
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.docx
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.docx
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.docx
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.docx
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (50kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.docx

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kemajuan teknologi dalam dunia fintech (financial technology) dalam sistem pembayaran Non Tunai yang berkembang sangat pesat sehingga produsen berupaya semaksimal mungkin agar dapat bersaing dengan berevolusi untuk menciptakan kemudahan guna menjawab kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan. Penelitian ini dilakukan secara empiris dengan menguji variabel literasi keuangan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan menggunakan QRIS pada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, menggunakan data primer dan sekunder. Data primer pada penelitian ini dihasilkan dari data kuesioner pada responden, sedangkan data sekunder dihasilkan dari buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang pengguna QRIS. Kemudian, sampel pada penelitian ini diambil melalui pendekatan metode purposive sampling dengan kriteria pernah menggunakan dan masih menggunakan QRIS. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini 108 responden yang didapat melalui rumus Hair, et, al. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square melalui Software SmartPLS dan aplikasi SPSS 3.0. Dimana secara parsial diolah dengan teknik analisis PLS sedangkan secara simultan diolah dengan aplikasi SPSS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap keputusan menggunakan QRIS pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang maka dapat diartikan bahwa tingginya tingkat literasi keuangan Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang tidak mempengaruhi penggunaan alat pembayaran Non Tunai QRIS. Variabel Kemudahan penggunaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan QRIS pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin mudah sistem QRIS untuk digunakan maka keputusan menggunakan QRIS pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang juga akan mengalami peningkatan. Secara simultan variabel Literasi keuangan dan kemudahan penggunaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan QRIS pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Kemudahan Penggunaan, dan Keputusan Menggunakan.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: MUTIARA 1910603021
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:09
Last Modified: 20 Jul 2023 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28987

Actions (login required)

View Item View Item