Muharpriliana, Adelia (2023) PENGARUH METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
2_BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
6_BAB V.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian adalah True Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Countrol. Penelitian dilakukan di SMP Ikhlasiyah Palembang dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas. Sampel diambil dari semua anggota populasi sehingga didapat kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen yang akan diberikan perlakuan yaitu metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan yaitu metode konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Berdasarkan analisis hasil tes, menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Ini berarti bahwa kelas yang diberi perlakuan dengan metode TAPPS mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Perhitungan statistik yang didapat dari hasil tes menghasilkan thitung = 2,944 dan ttabel = 2,013, sehingga thitung > ttabel yang menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Ikhlasiyah Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FITK |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 02:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:52 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29034 |
Actions (login required)
View Item |