Carles, Davit (2023) PENGARUH PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMA TRI DHARMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan model-eliciting activities terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian dilakukan di SMA Tri Dharma Palembang pada siswa kelas X tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi ekperimen dengan rancangan penelitian post test only. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik sampling jenuh. Sampel penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 26 siswa yaitu pada kelas X IPA 1 dengan menggunakan pendekatan model-eliciting activities. Sampel pada kelas kontrol berjumlah 26 siswa yaitu pada kelas X IPA 2 dengan menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan analisis dengan uji t dan taraf signifikansi (α) = 0,05, diperoleh nilai nilai z_hitung yaitu sebesar 7,03lebih besar dibandingkan dengan nilai z_tabel yaitu sebesar 1,96 (7,03 > 1,99), yang artinya rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan model-eliciting activities lebih tingg dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pendekatan model-eliciting activities berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model-Eliciting Activities, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FITK |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:53 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:53 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29104 |
Actions (login required)
View Item |