Patra, Dwi Akridatul (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 35 BANYUASIN III. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
1HALAMAN JUDUL.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
2-BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
||
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
||
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
||
Text
6-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
||
|
Text
6-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III. Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu pertama untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas IV, Kedua untuk mengetahui kemampuan mengarang peserta didik kelas IV, Ketiga untuk mengetahui faktor dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif yaitu data yang dikumpulkan lebih banyak kata-kata dari pada angka. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas IV SD negeri 35 Banyuasin III, sedangkan objek yaitu upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengarang pada peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan vertifikas. Uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III yaitu guru mengarahkan peserta didik untuk rajin menulis dan membaca, guru memberikan tema untuk dijadikan karangan, membimbing peserta didik membuat kerangka karangan, peserta didik membacakan hasil karangan. Kedua kemampuan mengarang peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III yaitu kurangnya menentukan judul karangan, sulit mengungkapkan ide atau gagasan dalam mengarang, sulit mengembangkan paragraf, peserta didik sulit menyusun kata-kata, rasa percaya diri peserta didik masih rendah. Ketiga faktor dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III yaitu faktor internal terdiri dari kondisi peserta didik, minat, bakat, dan motivasi sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah. Kata kunci : Upaya Guru, Kemampuan Mengarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Upaya Guru, Kemampuan Mengarang |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | DWI AKRIDATUL PATRA 1920201063 |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 01:13 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29184 |
Actions (login required)
View Item |