PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 14 PALEMBANG

Arbasima, Siti Haliza (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 14 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran open-ended dilatarbelakangi dari hasil observasi dan didapati rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika yang didukung dengan kurangnya peran guru dalam memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif pada proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open-ended terhadap hasil belajar pada pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 14 Palembang. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen murni menggunakan desain penelitian pre-tes posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran open-ended sudah terlaksana dengan baik terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen. Penerapan model pembelajaran open-ended memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 14 Palembang, hal tersebut dapat dilihat berdasarkan Uji-t menggunakan software SPSS 23 for windows yang memperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,000. Pemerolehan nilai siginifikan (probabilitas) tersebut lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha di terima. Berdasarkan hal tersebut artinya kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dalam memahami pembelajaran pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kata Kunci: Model Pembelajaran Open-Ended, Pelajaran Matematika, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Open-Ended, Pelajaran Matematika, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI HALIZA ARBASIMA 1930201096
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:13
Last Modified: 26 Jul 2023 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29189

Actions (login required)

View Item View Item