Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Di MI Hijriyah 1 Palembang

Andayani, Tri (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Di MI Hijriyah 1 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Tri Andayani-1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 Tri Andayani.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Media flash card termasuk kategori media pembelajaran gambar (visual). Penggunaan media Flash card yang memiliki beberapa gambar yang menarik yang diiringi dengan suku kata pada gambar diharapkan cara ini dapat menarik semangat belajar siswa. karena keberhasilan belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media flash card terhadap kemampuan membaca siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas 2 di MI Hijriyah 1 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket kemampuan membaca, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas dan linearitas. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian sebelum diterapkannya media flash card, kemampuan membaca siswa masih rendah. Diperoleh nilai rata-rata 51,96, nilai tertinggi adalah 72 dan nilai terendahnya adalah 21,3. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca siswa sebelum diterapkannya media flash card kelas 2 MI Hijriyah 1 Palembang adalah sangat rendah. Selanjutnya, setelah diterapkannya media flash card terdapat peningkatan, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa 79,69, nilai tertinggi adalah 96,7, nilai terendahnya siswa mendapatkan nilai 56. Pada hasil hipotesis nilai signifikan mendapatkan nilai 0,000, maka 0,000 ≤ 0,05 yang artinya Hο ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan media pembelajaran flash card terhadap kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media flash card, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: TRI ANDAYANI 1930201193
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:51
Last Modified: 04 Aug 2023 03:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29324

Actions (login required)

View Item View Item