PENERAPAN METODE HIWAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-MA’ARIF PONDOK PESANTREN NAHDLATUL ULAMA DESA MUARA SUNGAI KECAMATAN CAMBAI KOTA PRABUMULIH

Mutmainnah, Nafsi (2023) PENERAPAN METODE HIWAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-MA’ARIF PONDOK PESANTREN NAHDLATUL ULAMA DESA MUARA SUNGAI KECAMATAN CAMBAI KOTA PRABUMULIH. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Metode hiwar merupakan dialog atau percakapan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih secara silih berganti membahas tentang topik yang telah ditentukan dengan proses tanya jawab agar tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode hiwar pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama Desa Muara Sungai. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode metode Pre-eksperimental. Design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengambilan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rerata nilai pre-test ialah 65,9, sedangkan rerata nilai post-test ialah 107,4. Karena nilai rerata dari hasil angket motivasi belajar siswa pada posttest lebih besar daripada pretest yakni 107,4 > 65,9, maka secara deskriftif terdapat perbedaan rerata motivasi belajar siswa antara pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t dengan jenis paired sample t-test. Taraf signifikan yang digunakan pada penelitian ini 5% dengan α= 0,05. Diperoleh nilai thitung= 63,30 dengan nilai ttabel= 2,080, karena nilai thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Hiwar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Nahdlatul Ulama Desa Muara Sungai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Hiwar, Motivasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran Akidah Akhlak.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:21
Last Modified: 02 Aug 2023 07:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29390

Actions (login required)

View Item View Item