PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOTAK BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 41 PALEMBANG

Kurnia, Hikmah (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOTAK BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 41 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I. HIKMAH KURNIA..pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V. HIKMAH KURNIA.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kotak berhitung terhadap hasil belajar pembelajaran tematik kelas I di Sekolah Dasar Negeri 41 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode True experimental design dengan desain pretest-posttest control design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas I.B sebagai kelas eksperimen dan kelas I.C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol. Pada hasil perhitungan tabel statistic dimana nilai rata-rata kelas eksperimen pada pretest 56,92 dan posttest 81,15 dan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest 48,84 dan posttest 62,30. Berdasarkan pada uji hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran kotak berhitung terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas I di Sekolah Dasar Negeri 41 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kotak Berhitung, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HIKMAH KURNIA 1930201197
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:29
Last Modified: 09 Aug 2023 02:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29574

Actions (login required)

View Item View Item