Damayanti, Alifiani (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI 41 PALEMBANG. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI 41 PALEMBANG. (Unpublished)
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui minat belajar siswa di kelas kontrol yang tidak diterapkan metode pembelajaran talking stick berbasis audio visual pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri 41 Palembang; (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa di kelas eksperimen setelah diterapkan metode pembelajaran talking stick berbasis audio visual pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri 41 Palembang; (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode talking stick berbasis audio visual terhadap minat belajar siswa pada pembelajara tematik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 41 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuntitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian Quasy Ekperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan menggunakan Soffware SPSS 26 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran talking stick berbasis audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvesional. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 57,1 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,5. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh nilai 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran talking stick berbasis audio visual terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 41 Palembang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Talking Stick, Audio Visual, Minat Belajar |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ALIFIANI DAMAYANTI 1930201166 |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:29 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29580 |
Actions (login required)
View Item |