PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI 41 PALEMBANG

Damayanti, Alifiani (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI 41 PALEMBANG. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI 41 PALEMBANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui minat belajar siswa di kelas kontrol yang tidak diterapkan metode pembelajaran talking stick berbasis audio visual pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri 41 Palembang; (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa di kelas eksperimen setelah diterapkan metode pembelajaran talking stick berbasis audio visual pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri 41 Palembang; (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode talking stick berbasis audio visual terhadap minat belajar siswa pada pembelajara tematik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 41 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuntitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian Quasy Ekperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan menggunakan Soffware SPSS 26 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran talking stick berbasis audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvesional. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 57,1 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,5. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh nilai 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran talking stick berbasis audio visual terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 41 Palembang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Talking Stick, Audio Visual, Minat Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ALIFIANI DAMAYANTI 1930201166
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:29
Last Modified: 09 Aug 2023 02:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29580

Actions (login required)

View Item View Item