ANALISIS SWOT TERHADAP PENGELOLAAN WAKAF PRODUKTIF DI MASA PANDEMI COVID – 19 (STUDI KASUS PELAKSANAAN PROGRAM WAKAF MODAL USAHA MIKRO INDONESIA (WMUMI) PADA GLOBAL WAKAF ACT KOTA PALEMBANG)

Tiara, Ella (2022) ANALISIS SWOT TERHADAP PENGELOLAAN WAKAF PRODUKTIF DI MASA PANDEMI COVID – 19 (STUDI KASUS PELAKSANAAN PROGRAM WAKAF MODAL USAHA MIKRO INDONESIA (WMUMI) PADA GLOBAL WAKAF ACT KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1810604005_COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1810604005_ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
bab 1 ella tiara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
bab 2 Ella Tiara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
bab 3 Ella Tiara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1810604005_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (781kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada 2020, Indonesia menghadapi COVID-19, virus yang mengancam kesehatan juga melanda sektor ekonomi. Menyikapi hal tersebut, pemerintah Indonesia memberlakukan pembatasan PSBB, peraturan PSBB menyebabkan UMKM mengalami penurunan usaha bahkan harus menghentikan usahanya sehingga tidak menghasilkan pendapatan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memaksimalkan potensi zakat, infaq, shadaqah, hibah, dan wakaf. Wakaf sebagai lembaga keagamaan yang menyediakan berbagai fasilitas keagamaan dan sosial, juga memiliki kekuatan ekonomi. Aksi Cepat Tanggap (ACT) menciptakan Program Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia (WMUMI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan wakaf produktif, menganalisis pengelolaan wakaf dengan analisis SWOT dan menganalisis dampak pengelolaan wakaf produktif terhadap kondisi UMKM di kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil studi lapangan menunjukkan bahwa pengelolaan wakaf produktif hanya sebatas pemberian bantuan modal dan juga pelatihan usaha, sampai penerima manfaat melunasi angsuran/selesai. kepada penerima manfaat, analisis yang didapat dari penelitian ini adalah program WMUMI sudah memiliki konsep dalam mengelola dan menyalurkan dana serta memiliki relawan. Banyak instansi di beberapa wilayah Kota Palembang memiliki program yang hampir sama yang menjadi salah satu kelemahan dari program ini. Kemungkinan, program WMUMI bisa menjadi solusi yang baik dan praktis dalam meningkatkan perekonomian, sekaligus menarik donatur untuk wakaf. Ancaman terhadap program ini adalah penerima manfaat yang tidak melunasi cicilan modalnya. Dengan adanya program WMUMI diharapkan bisa mengurangi angka pengangguran di kota Palembang berkurang. Kata kunci : Covid – 19, Wakaf Produktif, UMKM, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: ELLA TIARA 1810604005
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:12
Last Modified: 21 Aug 2023 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29806

Actions (login required)

View Item View Item