TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA (STUDI PADA RUMAH MAKAN YURNI DI KOTA LUBUKLINGGAU)

SARI, INTAN PERMATA (2023) TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA (STUDI PADA RUMAH MAKAN YURNI DI KOTA LUBUKLINGGAU). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Intan (Cover).pdf

Download (898kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Intan (Lembar Pengesahan).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Skripsi Intan (Abstrak).pdf

Download (875kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Intan (Daftar Isi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Intan (BAB 1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Intan (BAB 2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Intan (BAB 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Intan (BAB 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Intan (BAB 5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Skripsi Intan (Daftar Pustaka).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Skripsi Intan (Lampiran).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rumah Makan YURNI merupakan salah satu rumah makan padang yang terletak di Kota Lubuklinggau. Rumah makan YURNI mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha karena adanya kerterbatasan modal. Serta, banyaknya usaha sejenis sehingga, menuntut pelaku usaha untuk lebih dapat mengembangkan usahanya agar unggul dan mampu bertahan lama. Oleh sebab itu rumah makan memerlukan strategi yang sesuai dengan keadaan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk Mengetahui Strategi Pengembangan Usaha pada Rumah Makan YURNI di Kota Lubuklinggau. 2) Untuk mengetahui Analisis SWOT terhadap Strategi Pengembangan Usaha (Studi pada Rumah Makan YURNI di Kota Lubuklinggau). 3) Untuk Mengetahui Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Strategi Pengembangan Usaha (Studi pada Rumah Makan YURNI di Kota Lubuklinggau). Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan Analisis SWOT berupa Matriks IFE, EFE, IE dan SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Dari hasil Analisis Lingkungan Internal dan Lingkunag Ekstrernal, diketahui strategi pengambangan yang dilakukan Rumah Makan Yurni. Strategi pada analis lingkungan internal yaitu terletak pada proses produksi/operasi, pemasaran dan adanya penelitian dan pengembangan. Sedangan pada analisis lingkungan eksternal yaitu terletak pada kekuatan pemasok dan konsumen. 2) Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraukan, analisis SWOT Terhadap Strategi Pengambangan Usaha Rumah Makan Yurni ditemukan kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman. Dari hasil analisis matrik, Matrik IFE score sebesar 3.41. Dengan 3 kekuatan utama pada Rumah Makan Yurni yaitu terletak pada tersedia layanan pesan antar gratis ongkir, menyediakan lahan parkir gratis dan harga yang ditawarkan murah dengan total 0.27. Sedangkan, kelemahan utama yaitu sering terjadi pergantian tenaga kerja dengan total 0.08. Matriks EFE skor sebesar 3.60. Peluang dengan skor nilai terbesar terdapat pada 3 faktor dengan skor sama yaitu 0.39 terletak pada memiliki hubungan baik dengan pemasok, memiliki hubungan baik dengan konsumen, dan sudah memiliki pelanggan tetap. Sedangkan ancaman terletak pada adanya rumah makan yang menawarkan konsep yang sama (segi harga dan masakan padang) dengan skor 0.37. Matriks IE, pada matriks ini posisi perusahaan terletak pada sel I yaitu strategi tumbuh dan berkembang. Strategi yang cocok yaitu strategi intensif dan strategi integrasi. Matriks SWOT, pada matriks ini didapatkan 4 alternatif strategi dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman. Adapun strategi tersebut yaitu strategi S-O, S-T, W-O dan W-T. 3) Tinjauan Ekonomi Islam terhadap Strategi Pengembangan Usaha di lihat dari 4 aspek manajemen strategi syariah, yaitu meliputi 1) azaz tauhid, terlihat dari sikap dan strategi usaha dalam menghadapi pesaing; 2) orientasi pada duniawi dan ukhrawi, yang terlihat dari visi dan misi yang hendak dicapai perusahaan; 3) motivasi mardhatillah, terlihat adanya motivasi dari keluarga, serta; 4) strategi berbasis syariah, yang meliputi strategi pada produk, harga, dan promosi. Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pengembangan Usaha, Rumah Makan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Strategi Pengembangan Usaha, Rumah Makan
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Intan Permata Sari
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:12
Last Modified: 21 Aug 2023 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29815

Actions (login required)

View Item View Item