Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di Kelas V MI Mambaul Hidayah II Palembang

Hidayanti, Nur Afni (2023) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di Kelas V MI Mambaul Hidayah II Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I nur afni hidayanti.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V nur afni hidayanti.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh minimnya kesadaran guru untuk membiasakan diri menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari teknik nya dalam belajar masih melibatkan ceramah, tanya jawab, dan diskusi kelompok maka dari itu perlu adanya solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui motivasi belajar siswa kelas kontrol tanpa diterapkan model pembelajaran Talking Stick, 2) mengetahui motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan diterapkan model pembelajaran Talking Stick, 3) mengetahui apakah pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama islam di kelas V Mi Mambaul hidayah II palembang. Hal ini dapat dilihat dari presentase nilai pengujian hipotesis dengan menggunakan tumus uji-t diperoleh thitung= 4,396. dari tabel distribusi t pada taraf signifikansi 5 % diperoleh ttabel = 2,120. dari hasil tersebut dape disimpulkan bahwa, thitung > ttabel yaitu 4,396 > 2,120, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya skor motivasi belajar siswa dengan diberi perlakuan menggunakan metode Pembelajaran Talking Stick lebih tinggi daripada skor motivasi belajar siswa tanpa diberi perlakuan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Motivasi Belajar, Pelajaran Agama Islam
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR AFNI HIDAYATI 1930201098
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:34
Last Modified: 24 Aug 2023 08:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29819

Actions (login required)

View Item View Item