Pengaruh Metode Talking Stick Dengan Bantuan Media Papan Flanel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI Mambaul Hidayah II Palembang

Mardiah, Khaira (2023) Pengaruh Metode Talking Stick Dengan Bantuan Media Papan Flanel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI Mambaul Hidayah II Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - KHAIRA MARDIAH.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - KHAIRA MARDIAH.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Matematika siswa pada Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen di kelas IV MI Mambaul Hidayah II Palembang dan ada Tidaknya Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa sebelum diterapkan dan Setelah Diterapkannya Metode Talking Stick Dengan Bantuan Media papan Flanel. Penelitian Ini menggunakan Metode Kuantitatif dengan Desain Eksperimen (Pretest- Posttest control Group). Populasi Pada Penelitian ini adalah Siswa Kelas IVA dan IVB dan sampel adalah sebagian dari Populasi yang di ambil. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini Berupa Tes Soal. Teknik Pengumpulan data Menggunakan Observasi, tes, dan Dokumentasi. Adapun Pengumpulan Data yang digunakan Uji Prasyarat Berupa Uji Validitas, Reabilitas, tingkat kesukaran soal, dan uji Daya Pembeda. Sedangkan Uji Pengaruh Menggunakan Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Teknik analisis uji-t dimana data dari hipotesis bisa diuji apabila sudah menguji normalitas dan homogenitas, apabila data normal dan homogen bisa untuk melanjutkan uji hipotesis. Berdasarkan Hasil Penelitian Menunjukkan Hasil Belajar Siswa sebelum di terapkan Metode Talking Stick dengan Bantuan Media Papan Flanel pada Kelas Kontrol di MI Mambaul Hidayah II palembang Tergolong Rendah, Hal ini dapat dilihat pada Hasil Perhitungan tabel descriptive statistic dimana nilai rata –rata Posttest kelas Eksperimen Pada kelas IVB lebih besar dari pada Kelas Kontrol yaitu pada kelas IVA dengan Nilai 74,81 > 45,35 dan pada Uji Hipotesis Memiliki Nilai Signifikansi 0,025<0.05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode Talking Stick dengan Bantuan Media Papan Flanel dalam meningkatkan hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MI Mambaul Hidayah II Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Talking Stick, Media Papan Flanel, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: KHAIRA MARDIAH 1930201087
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:35
Last Modified: 24 Aug 2023 08:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29821

Actions (login required)

View Item View Item