Kebolehan orang tua non muslim mengajukan permohonan dispensasi nikah ke pengadilan agama ditinjau dari aspek kemaslahatan

Julio, Andes Sika (2023) Kebolehan orang tua non muslim mengajukan permohonan dispensasi nikah ke pengadilan agama ditinjau dari aspek kemaslahatan. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI julio andes sika.docx

Download (454kB)
[img] Text
SKRIPSI julio andes sika.docx

Download (454kB)
[img] Text
SKRIPSI julio andes sika.docx

Download (454kB)

Abstract

Fenomena Pernikahan dimana mempelai perempuannya berbeda agama dengan ayah kandungnya. perwalian ini menjadi tabu ketika perempuan beragama Islam namun orangtua nya beragama non-muslim, hak perwalian yang semesti nya berada pada hak nya seorang ayah kandung, namun karena perbedaan agama yang di anut oleh perempuan muslim yang hendak menikah dengan agama sang ayah nya menjadi dipertanyakan dan bagaimana perspektif Hukum Islam dalam memandang hal ini dalam aspek kemaslahatan. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder menggunakan pendekatan dengan sumber hukum yang meliputi bahan hukum primer. Bahan hukum primer merupakan bahan hukum yang mengikat, yang berhubungan dengan permasalahan, bahan hukum sekunder yang akan memberi penjelasan terhadap bahan hukum primer. Bahan hukum primer sebagai bahan hukum penunjang yang memberi petunjuk dan penjelasan terhadap bahan primer dan bahan sekunder. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini (1) Pengajuan permohonan dispensasi nikah oleh orangtua non muslim ke pengadilan agama bahwa pengajuan permohonan dispensasi itu harus diajukan ke Pengadilan sesuai dengan wilayah tempat tinggal Pemohon. Jika terjadi perbedaan Agama antara anak dengan orang tua/wali maka pengajuan permohonan Dispensasi Nikah diajukan ke Pengadilan berdasarkan Agama Anak. (2) Tinjauan Aspek kemaslahatan tentang kebolehan orang tua non muslim dalam mengajukan permohonan dispensasi nikah ke pengadilan agama dalam pensyari’atan hukum Islam untuk mewujudkan kemaslahatan melalui pemeliharaan lima unsur pokok, yaitu agama, jiwa, akal, keturunan dan harta. Teori kemaslahatan yang merujuk pada maqashid al-syari'ah untuk mewujudkan kebaikan sekaligus menghindarkan keburukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: JULIO ANDES SIKA 1820101056
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:38
Last Modified: 24 Aug 2023 08:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29980

Actions (login required)

View Item View Item