ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI MEDIA SISWA BERDASARKAN INDIVIDUAL COMPETENCE FRAMEWORK DI SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG

Dewi, Nur Anisa (2023) ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI MEDIA SISWA BERDASARKAN INDIVIDUAL COMPETENCE FRAMEWORK DI SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Hal Judul Skripsi_Nur Anisa Dewi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Skripsi_Nur Anisa Dewi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
Bab 1_Skripsi_Nur Anisa Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2_Skripsi_Nur Anisa Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3_Skripsi_Nur Anisa Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4_Skripsi_Nur Anisa Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5_Skripsi_Nur Anisa Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Skripsi_Nur Anisa Dewi.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Nur Anisa Dewi NIM : 1810403013 Fakultas : Adab dan Humaniora Program Studi/Tahun : Ilmu Perpustakaan/2023 Judul Skripsi : Evaluasi Tingkat Kemampuan Literasi Media Siswa Berdasarkan Individual Competence Framework di SMA Plus Negeri 17 Palembang xiii + 128 hal + Lampiran Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini sudah berkembang pesat, dimana informasi dapat ditemukan dengan mudah dalam bentuk tercetak, terekam ataupun digital. Dalam hal ini, setiap idividu harus memiliki keterampilan untuk mendapatkan informasi secara cepat, tepat dan akurat. Keterampilan yang harus dimiliki individu ini biasa disebut dengan literasi informasi. Selain memiliki keterampilan tersebut, setiap individu juga harus memiliki kemampuan menggunakan sebuah media dalam Mencari, Menemukan, Menyaring, dan Mengevaluasi sebuah Informasi yang dibutuhan secara Efektif dan Efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi media siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang dan untuk mengetahui faktor yang mendukung kemampuan literasi media siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik Probability Sampling yaitu teknik yang dimana memberikan peluang yang sama kepada setiap seluruh anggota populasi untuk kemudian dipilih menjadi anggota sampel yang akan diteliti. Jumlah sampel yang mewakili populasi sebanyak 101 responden. Pengukuran tingkat kemampuan literasi media dalam penelitian ini menggunakan teori individual competence framework. Tingkat kemampuan literasi media siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang berdasarkan skor nilai dari keseluruhan indikator yang dihitung berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus Grean Mean, yaitu sebesar 3,48 termasuk kedalam kategori sangat tinggi, kaerena berada di antara interval 3,25-4,00. Dan faktor yang mendukung kemampuan literasi media siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang ini melalui program BUGEMM yang dimana memiliki skor 3,50 termasuk kedalam kategori sangat tinggi karena berada di antara interval 3,25-4,00. Artinya tingkat kemampuan literasi media siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang termasuk ke dalam sangat baik atau dapat dikatakan sangat tinggi, dan melalui program BUGEMM siswa memiliki kemampuan literasi yang sangat baik dan sangat tinggi. Kata Kunci : Media, Literasi Media, Individual Competence Framework.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media, Literasi Media, Individual Competence Framework
Subjects: Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: NUR ANISA DEWI 1810403013
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:14
Last Modified: 01 Sep 2023 08:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30239

Actions (login required)

View Item View Item