ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA SIDOARJO KELAS 1 A TENTANG PEMBERIAN NAFKAH ‘IDDAH TERHADAP ISTRI YANG NUSYU ̅Z DALAM PERKARA CERAI TALAK (Studi Putusan Nomor 671/Pdt.G/2015/PA.Sda)

Anggraeni, Serly (2023) ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA SIDOARJO KELAS 1 A TENTANG PEMBERIAN NAFKAH ‘IDDAH TERHADAP ISTRI YANG NUSYU ̅Z DALAM PERKARA CERAI TALAK (Studi Putusan Nomor 671/Pdt.G/2015/PA.Sda). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER SERLY.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SERLY.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
BAB I SERLY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II SERLY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SERLY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SERLY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SERLY.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Ikatan pernikahan dilepaskan dengan pernyataan talak dari suami kepada istri. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perceraian ini, salah satunya adalah nusyuz. Dalam pasal 152 KHI ditegaskan bahwa mantan istri berhak mendapatkan nafkah `iddah dari mantan suaminya kecuali nusyuz. Namun kenyataannya dalam putusan Perkara Nomor 671/Pdt.G/2015/PA.Sda, hakim tetap memutuskan untuk memberikan nafkah ‘iddah kepada mantan istri yang nusyuz, maka hal ini bertentangan dengan pasal 152 KHI. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk Mengetahui pertimbangan hakim mengenai pemberian nafkah ‘iddah terhadap istri yang nusyuz dalam perkara cerai talak pada perkara nomor 671/Pdt.G/2015/PA.Sda. (2) Mengetahui perspektif Hukum Islam terhadap pemberian nafkah ‘iddah pada istri yang nusyuz dalam perkara cerai talak pada perkara nomor 671/Pdt.G/2015/PA.Sda. Adapun jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif, yang menjadi sumber data yakni putusan Nomor 671/Pdt.G/2015/PA.Sda. dan beberapa litelaur buku serta teknik yang digunakan yakni deskriptif dari umum ke khusus. Penelitian ini menunjukan bahwa yang menjadi pertimbangan Majelis Hakim Pengadilan Agama Sidoarjo Kelas 1 A yang menjatuhkan putusan untuk tetap memberikan nafkah `iddah kepada istri yang nusyu ̅z adalah karena pemohon atau suami di persidangan tidak mempermasalahkan dan suka rela serta sanggup memberikan nafkah `iddah tersebut kepada mantan istrinya meskipun nafkah yang diberikan tidak sesuai dengan jumlah yang diminta oleh termohon. Oleh karena hakim perdata bersifat pasif, maka hakim tidak dapat memutuskan bahwa istri tidak boleh mendapat nafkah `iddah jika suami telah rela dan sanggup memberikan nafkah `iddah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Nafkah ‘iddah, istri nusyu ̅z, maslahah mursalah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: SERLY ANGGRAENI 1910101023
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:15
Last Modified: 01 Sep 2023 08:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30290

Actions (login required)

View Item View Item