Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Microblogging dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Negeri 1 Jakabaring Palembang

Arief Rizky, Muhammad (2023) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Microblogging dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Negeri 1 Jakabaring Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.docx

Download (32kB)
[img] Text
Abstract.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
BAB II Pak Fauzi.docx
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Arief Rizky, 1930202291, Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Microblogging dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Negeri 1 Jakabaring Palembang. Dr. Muhammad Fauzi, M.Ag, Selaku Dosen Pembimbing kesatu dan Dr. Baldi Anggara, M.Pd.I Selaku Dosen Pembimbing kedua. Motivasi belajar dapat diartikan sebagai daya pendorong untuk melakukan aktivitas belajar tertentu yang berasal dari dalam diri dan juga dari luar individu sehingga menumbuhkan semangat dalam belajar. Motivasi belajar tidak hanya menjadi pendorong untuk mencapai hasil yang baik tetapi mengandung usaha untuk mencapai tujuan pembelajaran. Faktor motivasi belajar yang ada dalam diri merupakan salah satu faktor yang diduga ikut mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga dijadikan kajian dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, mempergunakan teknik pengumpulan meliputi tes dan dokumentasi. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.K dan VII.L MTs Negeri 1 Palembang Lokal Jakabaring dengan sampel sebanyak 52 siswa, yang mana 26 sampel kelas kontrol dan 26 sampel eksperimen dengan teknik Cluster Random Sampling. Analisi data antara lain uji validitas tes, dan uji reliabilitas tes dan perhitungan tes motivas belajar siswa pada mata pelajaran SKI siswa kelas VII.K dan VII.L dengan diterapkannya media pembelajaran berbasis Microblogging Menggunakan Perhitungan Manual berupa rumus statistik analisis TSR mencari nilai persentase Dan t-test. Berdasarkan hasil analisis TSR dan Analisisi uji “t” yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran SKI yang signifikan antara siswa siswa yang tidak diterapkan dan diterapkan media pembelajaran berbasis Microblogging yaitu Motivasi Belajar siswa yang di terapkan Media pembelajaran berbasis Microblogging cenderung lebih baik di bandingkan siswa yang tidak diterapkan media tersebut. Kata Kunci: Microblogging, Motivasi, Belajar ABSTRACT Motivation to learn can be interpreted as a driving force to carry out certain learning activities that come from within and also from outside the individual so as to foster enthusiasm for learning. Learning motivation is not only a driving force to achieve good results but contains efforts to achieve learning goals. The learning motivation factor that exists within oneself is one of the factors that is thought to influence student learning outcomes, so that it is used as a study in this study. This type of research is quantitative research, using collection techniques including tests and documentation. The population in this study were all students of class VII.K and VII.L MTs Negeri 1 Palembang Jakabaring Local with a sample of 52 students, of which 26 samples were control class and 26 experimental samples with the Cluster Random Sampling technique. Data analysis included testing the validity of the test, and testing the reliability of the test and calculating student learning motivation tests in SKI subjects for class VII.K and VII.L students with the application of Microblogging-based learning media Using Manual Calculations in the form of statistical formulas for TSR analysis looking for percentage values and t -test. Based on the results of the TSR analysis and the analysis of the "t" test conducted, it can be concluded that there are significant differences in students' learning motivation in SKI subjects between students who do not apply and apply microblogging-based learning media, namely student learning motivation that applies microblogging-based learning media. better than students who did not apply the media. Keywords: Microblogging, Motivation, Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: MUHAMMAD ARIEF RIZKY 1930202291
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:47
Last Modified: 26 Sep 2023 08:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30446

Actions (login required)

View Item View Item