PELAKSANAAN METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZH AL-QUR'AN SISWA DI YAYASAN AZZUBER KELURAHAN TALANG BETUTU PALEMBANG

Istiqlal, Gilang (2023) PELAKSANAAN METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZH AL-QUR'AN SISWA DI YAYASAN AZZUBER KELURAHAN TALANG BETUTU PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negri Rden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI Gilang Istiqlal 1730202165 bismillah.docx

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Pelaksanaan Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidzh Al-Qur’an Siswa Di Yayasan Azzuber Kelurahan Talang Betutu. Pelaksanaan Metode Talaqqi merupakan metode terpenting dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an di Yayasan Azzuber Kelurahan Talang Betutu. Karena dengan metode Talaqqi dapat menentukan keberhasilan seseorang dalam menghafal Al-Qur’an. Dari penjelasan tersebut maka latar belakang permasalahanya pertama, Bagaimana Pelaksanaan Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidzh Al-Qur’an Siswa Di Yayasan Azzuber Kelurahan Talang Betutu. Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Pelaksanaan Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidzh Al-Qur’an Siswa Di Yayasan Azzuber Kelurahan Talang Betutu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah (Field research) Lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data-data yang mana data tersebut didapat berdasarkan dengan melihat suatu peristiwa atau kejadian secara langsung. Subjek penelitian ini adalah kepala yayasan Azzuber, guru tahfidzh, dan beberapa siswa Yayasan Azzuber. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik Analisis data melalui tahapan Reduksi data, Penyajian data, Kesimpulan atau Verifikasi. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan dintaranya: Pertama, Pelaksanaan Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidzh Siswa Di Yayasan Azzuber Kelurahan Talang Betutu sudah baik penulis melihat ada tiga tahapan yang dilalui siswa tahfidzh saat pembelajaran, yaitu: Tahap awal; menyiapkan Al-Qur’an, Menentukan target materi yang akan dihafal, menghafal berulang-ulang. Tahap inti; kegiatan setoran hafalan, Tahap penutup; kegiatan berakhirnya pembelajaran, dimana siswa diberikan kesempatan untuk menyetorkan hafalannya dihari selanjutnya. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode Talaqqi dalam pembelajaran Tahfidzh Al-Qur’an siswa di Yayasan Azzuber Kelurahan Talang Betutu. Faktor pendukung diantaranya yaitu: kecerdasan yang menjadi faktor penting dalam menentukan cepatnya dalam menghafal, motivasi, usia anak. Sedangka faktor penghambat yaitu: terbatasnya waktu, kurang disiplinya dalam kelas, dan Belum terdapat pemisahan pada tingkat Kecerdasan siswa..

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Metode Talaqqi, Tahfidzh, Al-Qur’an
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x1 Al-Quran dan Ilmu Terkait
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Gilang Istiqlal -
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:51
Last Modified: 08 Sep 2023 06:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30519

Actions (login required)

View Item View Item