STRATEGI KONSELING DALAM MENCEGAH TERJADINYA RELAPSE BAGI PENGGUNA NARKOBA DI YAYASAN PUSAT REHABILITASI NARKOBA AR-RAHMAN

APRIANI, TIARA (2023) STRATEGI KONSELING DALAM MENCEGAH TERJADINYA RELAPSE BAGI PENGGUNA NARKOBA DI YAYASAN PUSAT REHABILITASI NARKOBA AR-RAHMAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Konseling Dalam Mencegah Terjadinya Relapse Bagi Pengguna Narkoba Di Yayayasan Pusat Rehabiltasi Narkoba Ar-Rahman”. Relapse merupakan suatu keadaan dimana seseorang penyalahguna narkoba tidak bisa mengontrol dan mengendalikan diri dari prilaku adiksinya yang disebabkan oleh faktor biologis, psikologis, dan sosial. Tujuan penelitian ini pertama, untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya relapse. Kedua, untuk mengetahui bagaimana strategi konseling dalam mencegah terjadinya relapse. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah dua orang konselor dan dua orang klien di Yayasan Pusat Rehabilitasi Narkoba Ar-Rahman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, faktor penyebab terjadinya relapse pada pencandu narkoba dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua, strategi konselngi dalam mencegah terjadinya relapse adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperbaiki hubungan dengan keluarga, menjauhi teman-teman yang menggunakan narkoba, mempelajari ilmu adiksi dan mencari hobby dan kegiatan positif seperti olahraga, melakukan Therapeuitic Community, Detoks, serta memperbaiki aspek fisik, aspek psikis dan prilaku, aspek sosial, dan aspek agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Relapse, Narkoba, Strategi
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: TIARA APRIANI 1920502035
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:27
Last Modified: 05 Oct 2023 03:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30900

Actions (login required)

View Item View Item