Analisis Strategi Manajemen Pemasaran dalam menarik minat muzaki membayar zakat pada lembaga zakat nasional LMI Sumatera Selatan

Yona Nontina, Sonangda (2023) Analisis Strategi Manajemen Pemasaran dalam menarik minat muzaki membayar zakat pada lembaga zakat nasional LMI Sumatera Selatan. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memfokuskan penelitian pada permasalahan strategi pemasaran dalam upaya peningkatan jumlah minat muzaki membayar zakat di Laznas LMI Perwakilan Sumsel Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh Laznas LMI Perwakilan Sumsel dalam meningkatkan jumlah minat muzaki membayar zakat Laznas LMI Perwakilan Sumsel, serta kendala dan solusi Laznas LMI Perwakilan Sumsel dalam upaya meningkatkan jumlah minat muzaki membayar zakat Laznas LMI Perwakilan Sumsel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data terkumpul maka penulis menganalisis dengan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yaitu dari analisis Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Menarik Minat Muzaki Membayar Zakat Pada Lembaga Zakat Nasional LMI Perwakilan Sumatera Selatan, Masih kurang efektif dan kurang optimal dalam pengumpulan dana zakat dan berkaitan dengan teon 7P Marketing Mix (Bauran Pemasaran ) strategi pemasaran yang dilakukan oleh Laznas LMI Sumsel dari segi penghimpunan masih mengalami penurunan dan kenaikan jumlah wajib zakat setiap tahun nya Sehingga tidak sesuai dengan target yang di inginkan LMI, di karenakan belum berjalan dengan optimal penerapan kegiatan pemasaran yang di lakukan oleh Laznas LMI Sumsel Kendala yang dihadapi oleh LMI Perwakilan Sumatera Selatan diantaranya: Produk LMI tidak seinovatif lembaga lain dikarenakan nya kurang nya ilmu tentang inovatif dalam mengeluarkan produk sehingga masyarakat kurang tertarik dalam membayar zakat di LMI, dan promosi yang dilakukan oleh LMI Perwakilan Sumatera Selatan terhambat oleh biaya saluran YouTube prabayar, kendala harga di karenakan LMI masih kurang memperhatikan peraturan yang telah di tetapkan oleh baznas, sumber daya manusia yang terbatas dan kurangnya relawan, tempat atau lokasi LMI yang kurang strategis dalam kegiatan pemasaran LMI. Kendala tersebut membuat LMI kesulitan untuk mempromosikan produknya, menetapkan harga, dan menentukan tempat usaha. Kata Kunci: Strategi, Marketing Mix, Muzaki, Zakat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: SONANGDA YONA NONTINA 1930604053
Date Deposited: 21 Sep 2023 09:00
Last Modified: 21 Sep 2023 09:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30928

Actions (login required)

View Item View Item