Strategi Lembaga Pers Mahasiswa Ukhuwah (LPM) UIN Raden Fatah Palembang Dalam Menghadapi persaingan produk pemberitaan dengan LPM suara kampus

Nurul Hoiro Siregar, Nurul (2023) Strategi Lembaga Pers Mahasiswa Ukhuwah (LPM) UIN Raden Fatah Palembang Dalam Menghadapi persaingan produk pemberitaan dengan LPM suara kampus. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul strategi lembaga pers mahasiwa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dalam menghadapi persaingan produk pemberitaan dengan media mainstream yang bertujuan untuk: 1) mengkaji bagaimana strategi yang dilakukan lembaga pers mahasiswa Ukhuwah dalam menghadapi persaingan produk pemberitaan dengan media mainstream , khususnya media mainstream yang ada di Sumatera Selatan. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi yang dilakukan lembaga pers mahasiswa Ukhuwah. 3) untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi persaingan produk pemberitaan serta bagaimana cara mengatasinya. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode kualitatif yakni, tekhnik mengumpulkan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan teori analisis strength, opportunities, weaknesses, threat (SWOT). Tahap pertama penulis akan menganalisis bagaimana strategi yang dilakukan lembaga pers mahasiswa khususnya dalam penulisan berita karena termasuk dalam faktor penting standar kualitas berita. Kemudian faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi yang dapat diketahui dari faktor eksternal dan internal strategi yang dilakukan. Bagaimana strategi publikasi yang dilakukan untuk membuat informasi tersampaikan kepada khalayak. Kendala apa saja yang terdapat dalam penerapan strategi lembaga pers mahasiswa dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi lembaga pers mahasiswa dalam menghadapi persaingan produk pemberitaan dengan media mainstream yakni: 1) Dalam strategi penulisan berita lembaga pers mahasiswa menerapkan beberapa strategi yakni, mengetahui isu, menentukan angle liputan, melaksanakan liputan, penulisan berita, dan memverifikasi data. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi terdapat faktor eksternal strategi yang terdiri dari, kekuatan ekonomi, kekuatan sosial budaya, kekuatan kompetitif, teknologi media informasi. Sedangkan faktor internal strategi terdapat, bentuk bangunan, sumber daya manusia, sumber daya keuangan, kapabilitas organisasi, aset informasi dan produk menjadi faktor pendukung dan penghambat strategi yang diterapkan. 3) terdapat juga strategi publikasi dalam persaingan bagaimana khalayak umum mengetahui informasi pemberitaan dan pesan tersampaikan kepada khalayak dalam hal ini lembaga pers mahasiswa melakukan publikasi yang dapat digunakan seperti iklan, post instatory instagram atau sosial media lainnya dan juga poster internet. Lembaga pers mahasiswa Ukhuwah melalui media sosial yang dimiliki seperti Instagaram, Youtube, dan facebook menjadi wadah untuk mempublikasikan produk pemberitaan. 4) kendala dalam penerapan strategi yakni masih kurangnya sumber daya manusia yang profesional dibidang jurnalistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: strategi, pemberitaan, media mainstream, LPM Ukhuwah
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: NURUL HOIRO SIREGAR 1920503060
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:54
Last Modified: 26 Sep 2023 08:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31078

Actions (login required)

View Item View Item