IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN PADA PT BINTANG MULTI SARANA CABANG TUGUMULYO

Mawarni, Herlinda (2023) IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN PADA PT BINTANG MULTI SARANA CABANG TUGUMULYO. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text
BAB1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text
BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Salah satu aset terpenting perusahaan adalah pelanggannya. Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dengan menerapkan berbagai strategi seperti pada PT Bintang Multi Sarana yang melakukan berbagai macam cara untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan seperti mengadakan promo dan diskon. Namun diskon dan promo yang diberikan perusahaan belum tepat sasaran karena diberikan kepada seluruh pelanggan yang mana hal ini kurang efisien karena memakan banyak biaya opersional untuk penawaran dan waktu. Oleh sebab itu, pelanggan yang ada di PT Bintang Multi Sarana perlu dikelompokan terlebih dahulu agar dapat mempermudah perusahaan dalam menentukan layanan yang sesuai. Selain itu data transaksi penjualan pada PT Bintang Multi Sarana hanya diolah menjadi laporan bulanan saja. Padahal jika diolah dengan tepat, data transaksi penjualan dapat digunakan untuk membantu menentukan strategi dalam mempertahankan pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan segmentasi pelanggan untuk mengetahui karakteristik pelanggan. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan mengolah data transaksi penjualan dengan memanfaatkan peran dari data mining dengan teknik clustering menggunakan algoritma k-means. algoritma k-means merupakan algoritma berbasis jarak yang membagi data kedalam cluster terpisah. Berdasarkan perhitungan menggunakan k-means, pelanggan tercluster kedalam 3 kelompok yaitu cluster 1 sebanyak 742 pelanggan, cluster 2 sebanyak 795 pelanggan dan cluster 3 sebanyak 223 pelanggan. Dari hasil analisis segmentasi pelanggan diperoleh hasil bahwa cluster 1 merupakan pelanggan segmen silver, cluster 2 pelanggan segmen gold, dan cluster 3 pelanggan segmen platinum. Adapun strategi pemasaran untuk segmen silver dengan pemberian diskon harga, promosi dan iklan di media sosial, untuk segmen gold diberikan layanan berupa point reward atau diskon khusus, sedangkan untuk segmen platinum yaitu pemberian hadiah menarik, atau akses eksklusif terhadap produk tertentu

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Segmentasi Pelanggan, Data Mining, Clustering, K-means
Subjects: Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi
Depositing User: HERLINDA MAWARNI
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:50
Last Modified: 09 Oct 2023 02:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31484

Actions (login required)

View Item View Item