Mawarni, Herlinda (2023) IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN PADA PT BINTANG MULTI SARANA CABANG TUGUMULYO. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (54kB) | Preview |
|
Text
BAB1.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
||
Text
BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text
BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) | Request a copy |
||
Text
BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
||
Text
BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Salah satu aset terpenting perusahaan adalah pelanggannya. Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dengan menerapkan berbagai strategi seperti pada PT Bintang Multi Sarana yang melakukan berbagai macam cara untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan seperti mengadakan promo dan diskon. Namun diskon dan promo yang diberikan perusahaan belum tepat sasaran karena diberikan kepada seluruh pelanggan yang mana hal ini kurang efisien karena memakan banyak biaya opersional untuk penawaran dan waktu. Oleh sebab itu, pelanggan yang ada di PT Bintang Multi Sarana perlu dikelompokan terlebih dahulu agar dapat mempermudah perusahaan dalam menentukan layanan yang sesuai. Selain itu data transaksi penjualan pada PT Bintang Multi Sarana hanya diolah menjadi laporan bulanan saja. Padahal jika diolah dengan tepat, data transaksi penjualan dapat digunakan untuk membantu menentukan strategi dalam mempertahankan pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan segmentasi pelanggan untuk mengetahui karakteristik pelanggan. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan mengolah data transaksi penjualan dengan memanfaatkan peran dari data mining dengan teknik clustering menggunakan algoritma k-means. algoritma k-means merupakan algoritma berbasis jarak yang membagi data kedalam cluster terpisah. Berdasarkan perhitungan menggunakan k-means, pelanggan tercluster kedalam 3 kelompok yaitu cluster 1 sebanyak 742 pelanggan, cluster 2 sebanyak 795 pelanggan dan cluster 3 sebanyak 223 pelanggan. Dari hasil analisis segmentasi pelanggan diperoleh hasil bahwa cluster 1 merupakan pelanggan segmen silver, cluster 2 pelanggan segmen gold, dan cluster 3 pelanggan segmen platinum. Adapun strategi pemasaran untuk segmen silver dengan pemberian diskon harga, promosi dan iklan di media sosial, untuk segmen gold diberikan layanan berupa point reward atau diskon khusus, sedangkan untuk segmen platinum yaitu pemberian hadiah menarik, atau akses eksklusif terhadap produk tertentu
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Segmentasi Pelanggan, Data Mining, Clustering, K-means |
Subjects: | Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi |
Depositing User: | HERLINDA MAWARNI |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 02:50 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 02:50 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31484 |
Actions (login required)
View Item |