STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KULINER DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA USAHA BAKSO PERJUANGAN PAK MIN KOTA PALEMBANG)

PRATIWI, ANNISA (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KULINER DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA USAHA BAKSO PERJUANGAN PAK MIN KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
COVER.doc

Download (67kB)
[img] Slideshow
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Slideshow
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (17kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[img] Slideshow
Daftar pustaka.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Bakso Perjuangan Pak Min. Dalam mengembangkan Bisnis Kuliner Dalam Perpektif Ekonomi Islam. Semakin maju perkembangan jaman dan perubahan pola hidup manusia menyebabkan kebutuhan manusia juga berubah, terutama dalam kebutuhan primer yang salah satunya adalah makanan dan minuman. Semakin meningkatnya kebutuhan pangan tersebut, tentunya akan mendatangkan peluang-peluang bisnis yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Salah satu usaha penyediaan makanan dan minuman jadi adalah usaha Kuliner. Salah satu usaha tempat makan yang tergolong unggul dan memiliki potensi yang cukup baik untuk terus berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis yang diterapkan di Bakso Perjuangan Pak Min dan Untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis yang di kaitkan dengan analisis Ekonomi Islam Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawacara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul, selanjutnya di analisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif yaitu pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang diterapkan oleh bakso perjuangan pak min yaitu Strategi kombinasi bersama, yakni strategi integrasi vertikal (strategi integrasi ke depan, strategi integrasi ke belakang, dan strategi integrasi horizontal). Jika dianalisis dengan ekonomi Islam, strategi-strategi yang diterapkan bakso perjuangan pak min secara umum sudah sesuai dengan teori yang ada. Dalam hal ini bakso perjuangan pak min tidak hanya fokus pada strategi-strategi secara umum, namun bakso perjuangan pak min juga tidak melupakan hal-hal yang diatur oleh agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: ANNISA PRATIWI 1930602169
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:51
Last Modified: 16 Oct 2023 04:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31696

Actions (login required)

View Item View Item