EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN PENGENDALIAN DIRI MANTAN PECANDU NARKOBA DI LPKA KELAS 1 PALEMBANG

Yani, Yosi (2023) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN PENGENDALIAN DIRI MANTAN PECANDU NARKOBA DI LPKA KELAS 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy

Abstract

Judul penelitian ini adalah "Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restucturing Untuk Menignkatkan Pengendalian Diri Mantan PacanduNarkoba Di Lpka Kelas 1 Palembang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengathui pengendalian diri mantan pecandu narkoba sebelum diterapkan teknik conitive restructuring dan untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restrucruting terhadap pengendalian diri mantan pecandu narkoba di Lpka Kelas 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen one group presttest posttest. Populasi penelitian adalah 146, sedangkan sampel 10% dari populasi yaitu 15 orang. Kuesioner digunakan untuk alat pengumpul data. Dengan bantuan SPSS versi 25, uji Wilcoxon Matcg pairs Test digunakan untuk analisis statistic non paramatrik dalam teknik analisi data. 1) Hasil penelitian menemukan bahwa 11 orang mantan pecandu narkoba dalam keaadan rendah dengan presntase 73%, 3 orangg dalam keadaan sedang pengendalian diri dengan presentase 20%, 1 orang dalam keadaan tingi memiliki pengendalian diri dengan presentase 7%. 2) hasil presttest dan posttest menunjukan bahwa pengendalian diri 14 mantan pecandu narkoba meningkat akibat bimbingan kelompok yang menggunakan teknik cognitive restructuring. Peningkatan penegndalian diri mantan pecandu narkoba di Lpka Kelas 1 palembang efektif dibuktikan dengan peningkatan Mean Ranks sebesar 7,50 dan peningkatan Sum of Ranks 105,00. Jadi dapat disimpulakn bahwa efektifitas konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan pengedalian diri mantan pecandu narkoba di Lpka Kelas 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, Teknik Cognitive Restructuring, Pengendalian Diri, Pecandu Narkoba.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: YOSI YANI 1910502004
Date Deposited: 20 Oct 2023 09:08
Last Modified: 20 Oct 2023 09:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31839

Actions (login required)

View Item View Item