Hikmah, Nurul (2023) Penerapan Metode 3T+1M (Tiqrar, Talqin, Tafahhum dan Muraja'ah) Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Siswa Kelas XI di MA Al-Hidayah Muara Telang Kabupaten Banyuasin. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Skripsi.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
Dapus Skripsi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text
BAB I NUEUL no hal.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II Naeul no hal.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III Naeul no hal.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV NAEUL no hal.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V Naeul.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTARK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hafalan Al Qur’an setelah diterapkannya metode 3T+1, (Tiqrar, Talqin, Taffhum dan Muraja’ah) pada peseta didik kelas XI di MA Al-Hidayah Muara Telang Kabupatenn Banyuasin. Dengan mengetahui peningkatan hafalan Al-Qur’an pada peserta didik dengan menggunakan metode tersebut untuk dapat menjawab rumusan dari permasalahan yang ada pada penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denga desain eksperimental, penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hafalan Al-Qur’an setelah diterapkannya metode 3T+1M (Tiqrar, Talqin, Taffhum dan Muraja’ah) serta peseta didik kelas XI IPA menjadi objek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakanrumus uji t seta penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil uji coba eksperimen diperoleh data yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan hafalan Al-Qur’an setelah diterapkannya metode 3T+1M (Tiqrar, Talqin, Taffhum dan Muraja’ah) dengan hasil Dengan df sebesar 33% itu dieperoleh harga kritik t atau tabel pada ttabel singnifikansi 5% sebesar 2,03; sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh sebesar 2,73. Dengan membandingkan besarnya “t” yang telah diperoleh dalam perhitungan (to = 17,38) dengan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t, maka dapat diketahui bahwa to lebih besar dari pda tt.ts1% dan tt.ts 5%.. Artinya hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan peningkatan hafalan Al-Qur’an setelah diterapkkanya metode 3T+1M ini dapat diterima. Kata Kunci : Metode, 3T+1M (Tiqrar, Talqin, Taffhum dan Muraja’a), Hafalan Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ABSTARK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hafalan Al Qur’an setelah diterapkannya metode 3T+1, (Tiqrar, Talqin, Taffhum dan Muraja’ah) pada peseta didik kelas XI di MA Al-Hidayah Muara Telang Kabupatenn Banyuasin. Dengan mengetahui peningkatan hafalan Al-Qur’an pada peserta didik dengan menggunakan metode tersebut untuk dapat menjawab rumusan dari permasalahan yang ada pada penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denga desain eksperimental, penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hafalan Al-Qur’an setelah diterapkannya metode 3T+1M (Tiqrar, Talqin, Taffhum dan Muraja’ah) serta peseta didik kelas XI IPA menjadi objek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakanrumus uji t seta penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil uji coba eksperimen diperoleh data yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan hafalan Al-Qur’an setelah diterapkannya metode 3T+1M (Tiqrar, Talqin, Taffhum dan Muraja’ah) dengan hasil Dengan df sebesar 33% itu dieperoleh harga kritik t atau tabel pada ttabel singnifikansi 5% sebesar 2,03; sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh sebesar 2,73. Dengan membandingkan besarnya “t” yang telah diperoleh dalam perhitungan (to = 17,38) dengan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t, maka dapat diketahui bahwa to lebih besar dari pda tt.ts1% dan tt.ts 5%.. Artinya hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan peningkatan hafalan Al-Qur’an setelah diterapkkanya metode 3T+1M ini dapat diterima. Kata Kunci : Metode, 3T+1M (Tiqrar, Talqin, Taffhum dan Muraja’a), Hafalan Al-Qur’an |
Subjects: | 200 Agama > 297 Islam > 2x1 Al-Quran dan Ilmu Terkait |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Nurul Hikmah - |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 01:01 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 01:01 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31876 |
Actions (login required)
View Item |