PROBLEMATIKA ORANG TUA TUNGGAL DALAM PEMENUHAN HAK-HAK ANAK (Studi Kasus di Desa Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin)

Iskandar, Tiara Kasandra (2023) PROBLEMATIKA ORANG TUA TUNGGAL DALAM PEMENUHAN HAK-HAK ANAK (Studi Kasus di Desa Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III DESKRIPSI DESA KENTEN LAUT.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV TEMUAN DAN ANALISIS.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan pada orang tua tunggal yang semuanya merupakan para janda di Desa Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin dalam pemenuhan hak-hak anak. Setelah perceraian maupun kematian ayah mereka tidak mendapatkan haknya sebagai anak sebagaimana mestinya, padahal secara hukum anak tersebut masih menjadi tanggung jawab pihak ayahnya, berdasarkan latar belakang di atas, sehingga memunculkan 2 rumusan masalah yakni; (1) Bagaimana problematika dan upaya orang tua tunggal dalam pemenuhan hak-hak anak di Desa Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. (2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap upaya orang tua tunggal dalam pemenuhan hak-hak anak di Desa Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Dengan lokasi penelitian di Desa Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Jenis data yang dipakai adalah kualitatif sedangkan sumber data berasal dari data primer, sekunder, dan tersier. Pengumpulan data didapatkan melalui wawancara dan dokumentasi. Lalu teknik analisis data memakai teknik deskriptif kualitatif kemudian disimpulkan dengan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga macam problematika yang dihadapi oleh orang tua tunggal di Desa Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin dalam memenuhi hak-hak anak, diantaranya; masalah kekurangan biaya dalam memenuhi kebutuhan anak baik masalah sandang, pangan, papan serta pendidikan, kemudian masalah kurangnya waktu bersama anak karena harus bekerja, serta masalah anak yang menjadi nakal. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh para orang tua tunggal tersebut untuk memenuhi hak-hak anaknya ada tiga macam upaya, yakni; berhemat serta mencari pekerjaan tambahan, manajemen waktu dan menasihati anaknya yang nakal. Adapun analisis hukum Islam terhadap upaya yang dilakukan oleh orang tua tunggal di Desa Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin dalam memenuhi hak-hak anaknya di mana ada sebagian orang tua tunggal yang tidak pernah menuntut dan mengingatkan mantan suami atau keluarga mendiang suaminya untuk melaksanakan kewajiban terhadap anak-anak, baik karena alasan masih sakit hati dengan masa lalu maupun karena merasa tidak enak hati dengan istri barunya sehingga memilih untuk tidak berkomunikasi lagi termasuk dalam masalah kebutuhan anak. Dalam Islam, hal tersebut merupakan tindakan yang diharamkan dan berdosa karena menimbulkan mudharat terhadap anak, yaitu membuat hak-hak anak yang seharusnya didapatkan dari ayah atau keluarga mendiang ayahnya menjadi tidak terpenuhi karena tidak adanya peringatan serta tuntutan dari orang tua tunggal tersebut. Kata Kunci: Problematika, Orang Tua Tunggal, Pemenuhan Hak-Hak Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problematika, Orang Tua Tunggal, Pemenuhan Hak-Hak Anak.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: TIARA KASANDRA ISKANDAR 1930101138
Date Deposited: 25 Oct 2023 00:42
Last Modified: 25 Oct 2023 00:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31916

Actions (login required)

View Item View Item