PENGARUH METODE SUCCESSFUL INTELLEGE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 GUNUNG MEGANG KABUPATEN MUARA ENIM

Nurholiza, Sabela (2023) PENGARUH METODE SUCCESSFUL INTELLEGE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 GUNUNG MEGANG KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover skripsi sabela.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK skripsi sabela.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA sabela.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Slideshow
BAB 1 sabela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB II sabela .pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB III sabela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB IV sabela .pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB V sabela .pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian yaitu upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar mata pelajaran PAI,siswa kelas VII rata-rata merupakan pembelajaran aktif. Penelitian ini melatarbelakangi upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang aktif dan menjadi lebih aktif dengan melihat kecerdasan siswa. Sehingga penelitian ini berjudul Pengaruh Metode Successful Intellege terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Gunung Megang Kabupaten Muara Enim. Metode penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 27 siswa kelas VII.1 SMP Negeri 2 Gunung Megang. Dengan teknik pengmpulan data melalui skala, tes dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data meliputi adanya uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian 1) guru berusaha merevitalisasi suasana kelas agar terasa lebih nyaman. Guru menerapkan tes kemampuan berpikir tingkat siswa yang dapat menjelaskan dan mengenal pola-pola keislaman dalam pendidikan agama. Materi mengenalkan kalimat Toyibah, menggabungkan surat pendek yang dibacakan guru dan jawaban soal dengan benar dan jelas. 2) Secara umum selama siklus I kegiatan pembelajaran berjalan dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari perubahan tingkatan pemahaman menyambung kalimat thoyibah dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode Successful Intellege selain itu hasil belajar siswa juga terus mengalami peningkatan hal ini dilihat dari daftar rekap nilai siswa menunjukkan nilai sebesar 73-80 dengan predikat B. 3) diperoleh hasil nilai t tabel5,863>0,2681, kemudian nilai signifikansi=0,02<0,05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Successful Intellege terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Gunung Megang Kabupaten Muara Enim dilihat dari hasil yang di dapat 5,863 (nilai t0) lebih besar dari rtabel. Maka dapat ditarik kesimpulan hipotesis Ha diterima Ho ditolak artinya terdapat pengaruh metode Successful Intellege terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Gunung Megang Kabupaten Muara Enim. Kata Kunci: Metode Successful Intellege Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: kata kunci: Metode Successful Intellege Hasill Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: SABELA NURHOLIZA 1930202281
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:43
Last Modified: 30 Oct 2023 02:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32028

Actions (login required)

View Item View Item