PANDANGAN EKONOMI ISLAM TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN TRANSFER BEDA BANK TANPA BIAYA MELALUI APLIKASI DANA (STUDI KASUS MAHASISWA FEBI UIN RADEN FATAH PALEMBANG)

RISKA, YANETA GITA (2023) PANDANGAN EKONOMI ISLAM TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN TRANSFER BEDA BANK TANPA BIAYA MELALUI APLIKASI DANA (STUDI KASUS MAHASISWA FEBI UIN RADEN FATAH PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
YANETA GITA RISKA SKRIPSI SIAP CETAK FIX-cover.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YANETA GITA RISKA SKRIPSI SIAP CETAK FIX- abstrak.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Slideshow
YANETA GITA RISKA SKRIPSI SIAP CETAK FIX-bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Slideshow
YANETA GITA RISKA SKRIPSI SIAP CETAK FIX-bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Slideshow
YANETA GITA RISKA SKRIPSI SIAP CETAK FIX-bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Slideshow
YANETA GITA RISKA SKRIPSI SIAP CETAK FIX-bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Slideshow
YANETA GITA RISKA SKRIPSI SIAP CETAK FIX-bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
YANETA GITA RISKA SKRIPSI SIAP CETAK FIX-dapus.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang dalam melakukan transfer beda bank tanpa biaya melalui aplikasi. Selain itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami pandangan ekonomi Islam terhadap tingkat kepuasan konsumen dalam melakukan transfer beda bank tanpa biaya melalui aplikasi DANA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, misalnya orang tersebut dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan. Sampel penelitian ini terdiri dari 60 mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang yang menggunakan dompet digital dan 25 mahasiswa yang menggunakan aplikasi DANA untuk melakukan kegiatan transfer beda bank tanpa biaya, lalu diambil 10 orang dari 25 mahasiswa tersebut untuk diwawancarai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang selaku konsumen yang menggunakan aplikasi DANA untuk melakukan kegiatan transfer beda bank tanpa biaya merasa sangat puas dengan kualitas pelayanan, kemudahan, kemanan, dan kenyamanan yang diberikan oleh pihak aplikasi DANA kepada penggunanya. Selain itu, dalam pandangan ekonomi Islam, tingkat kepuasan konsumen dalam melakukan transfer beda bank tanpa biaya melalui aplikasi DANA ini sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam, yaitu prinsip keadilan dengan memastikan harga dan kualitas yang setimpal sebagai wujud penghargaan terhadap hak-hak konsumen, dan prinsip akhlak seperti shidiq (kejujuran), amanah (dapat dipercaya), fathonah (cerdas, bijaksana). Kata Kunci: Kepuasan konsumen, Kualitas Pelayanan, Transfer, Pinsip-Prinsip Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan konsumen, Kualitas Pelayanan, Transfer, Pinsip-Prinsip Ekonomi Islam.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: YANETA GITA RISKA 1920602061
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:38
Last Modified: 01 Nov 2023 02:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32094

Actions (login required)

View Item View Item