Pengembangan E-Modul Pengayaan Pada Materi Fungi Kelas X SMA/MA

Islamiyah, Sayidatul (2023) Pengembangan E-Modul Pengayaan Pada Materi Fungi Kelas X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
s-cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-abstract.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
s-bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
s-bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
s-bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
s-bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
s-bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
s-dapus.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Selama ini pengayaan yang diberikan kepada peserta didik memiliki keterbatasan karena bersumber dari buku paket atau lembar kerja peserta didik (LKPD) yang diterbitkan oleh penerbit buku. Sehingga perlu dikembangkan sebuah bahan ajar berbentuk e-modul pengayaan yang mencakup materi, LKPD, dan juga evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan e-modul pengayaan yang valid pada materi fungi kelas X SMA/MA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Muara Beliti dan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Pengembangan e-modul pengayaan ini mengacu pada pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development). Instrumen penelitian berupa angket validasi yang diberikan kepada validator ahli, meliputi validasi bahasa, validasi materi, dan validasi media. Analisis data kualitatif didapatkan dari komentar dan masukan terhadap produk yang dikembangkan oleh validator ahli, sedangkan analisis data kuantitatif didapatkan dari perolehan presentase penilaian oleh validator ahli yang akan diinterpretasikan ke dalam kategori kelayakan berdasarkan presentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi dari para ahli yang menunjukkan bahwa e-modul pengayaan yang terkategori sangat valid dengan nilai validitas bahasa 92,66%, validitas materi 92,31%, dan validitas media 88,75%. Sehingga didapatkan presentase keseluruhan hasil validasi rata-rata yaitu 91,24%, dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengayaan, e-modul, validitas
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: SAYIDATUL ISLAMIYAH 1930207098
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:03
Last Modified: 10 Nov 2023 01:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32451

Actions (login required)

View Item View Item